Wednesday, April 1, 2015

Menjadikan Andromax C Sebagai Modem

Pada umumnya semua ponsel modern memiliki kemampuan sebagai sebuah modem eksternal. Tetapi dengan sebab tertentu, pengguna jarang memanfaatkannya. Alasannya mungkin karena Ponsel sekarang sudah memiliki fitur yang sama canggihnya dengan computer sehingga cukup menggunakan ponsel saja.  Atau bisa juga pengguna ponsel sudah memiliki modem tersendiri untuk akses internet di computer.  

Untuk urusan modem, saya lebih menjagokan smartfren ketimbang provider lain, khususnya dalam urusan jaringan dan kuota tentunya.  Sebab ada provider yang memiliki jaringan yang sama kuatnya namun tidak transparan dalam berpromosi. Dalam promosinya di janjikan sekian giga, tapi yang bisa dipakai kurang dari 50% dan sisanya mubazir atau mungkin hangus (ini sudah umum dan biasa disebut sebagai promosi jebakan). Ada juga provider lainnya yang serius memberikan kuota internet yang melimpah, tapi sayang jaringannya belum kuat (informasi terakhir yang saya terima kalo sekarang sudah lebih bagus sinyalnya). Hal hal seperti inilah yang membuat saya selalu nyaman dan percaya menggunakan smartfren sampai detik ini. Tulisan serupa juga pernah saya tulis sebelumnya ( Puas Menggunakan Modem Smartfren )

Tapi karena satu dan lain hal tidak selamanya kita selalu mengandalkan modem, terlebih disaat-saat mendesak situasinya. Saat itu secara kebetulan modem yang saya pakai kuotanya ternyata habis, dan karena tidak ada waktu lagi untuk mengisinya (gak ada uang –red). Untuk mengatasinya saya mencoba menggunakan ponsel yang ada (Andromax C) sekaligus ingin menguji kemampuannya sebagai modem. Dan hasilnya tidak kalah dengan kecepatan modem yang saya biasanya pakai . Setahu saya,  modem ponsel pada umumnya  lelet dan tidak segesit modem biasa. Tapi ini tidak berlaku bagi Andromax C yang memiliki kelebihan khusus berupa teknologi EVDO, dimana teknologi yang sama juga menjadikan modem smartfren lebih unggul dibanding yang lain.  

Disamping Smartfren, saya juga pernah mencoba modem yang paling diributkan saat ini, yakni BOLT. Bukannya mau boros menggunakan double modem hebat sekaligus, tetapi Bolt ini adalah hibah dari seseorang nun jauh disana. Ceritanya begini, saat itu saya mencoba kemampuan BOLT kawan dengan berbagi wifi (Semua pasti pernah mendengar seperti apa kecepatan Bolt ini). Dari pengalaman menggunakan Bolt ini saya kemudian memberi saran  untuk dia gunakan juga disana. Ternyata beberapa minggu kemudian saya malah menerima kiriman  paket Modem Bolt. Tidak kaget juga sih, sebab saya tahu dia selalu sempurna dalam menafsirkan sebuah kalimat, baik kalimat tersamar, kalimat tersirat, kalimat bersayap dan segala macam bentuk kalimat aneh lainnya,  khususnya yang berasal dari saya. Dengan kata lain  dibalik cerita/saran (yang penuh semangat itu) dengan jitu dia langsung menangkap sinyal bahwa ada batu besar dibalik saran tersebut.

Langkah langkah yang harus diperhatikan dalam mensetting Andromax C agar bisa digunakan sebagai modem adalah sebagai berikut :

  1.   Hubungkan Andromax c dengan PC melalui Kabel data (bisa juga melalui perangkat Bluetooth atau Wifi jika PC memiliki dua perangkat tersebut)
  2. Muncul tanda PEMBERITAHUAN adanya koneksi ( symbol jangkar) di bagian atas, jika tidak ada berarti ada yang bermasalah dengan sambungan, coba ganti kabel data.
  3.  Klik pada Pemberitahuan tersebut, (Tersambung ke aksesori USB, sentuh untk opsi lainnya)
  4. Ada empat pilihan yang muncul, 1. Pemasangan driver, 2. Penyimpanan USB, 3. MTP, 4. Pengisian USB
  5. Pilih opsi pertama, yakni pemasangan driver dan ikuti semua proses sampai selesai (baiknya PC harus direstart setelah proses pemasangan driver proses selanjutanya lancer)
  6. setelah restart ulang kembali langkah no 1 sampai 3, dan dan kali ini biarkan pilihan pada default yakni pada PENGISIAN USB.
  7.  Beralih pada HP, buka Bar dan aktifkan DATA (internet)
  8.  Aktifkan fitur HOTSPOT, maka akan muncul pemberitahuan untuk penambatan (TETHERING) sekaligus perintah (sentuh untu mengofigurasikan)
  9. Setelah di sentuh akan keluar empat opsi penambatan (koneksi), apakah melalui USB, melalui BLUETOOTH dsb.
  10. Pastikan mencentang pada  opsI PENAMBATAN USB, karena kita menggunakan kabel data yang tersambung ke USB, dan tunggu beberapa saat, koneksi internet akan segera tersambung. Dan saya pastikan koneksinya tidak kalah dengan modem modem eksternal lainnya, atau bisa dibilang malah lebih gesit.
Demikian cara menjadikan Andromax C Smartfren sebagai modem dan untuk android yang lain, kemungkinan langkah-langkahnya akan sama juga. 

Sekian dan semoga bermanfaat! (SP)


2 comments:

  1. Thanks bro info nya...bsk saya coba di tempat kelahiran saya dech (jakarta_red) krn kalo di villa saya,smartfren benar2 blm bs masuk dlm mslh signal...

    Tapi apa cm khusus ANDROMAX C saja atau hp keluaran dari smartfren bro yg bs dijadikan modem?

    ReplyDelete
    Replies
    1. diliat dari pertanyaannya, seperti bro atau sis tidak membaca dengan seksama dah tulisan hebat diatas. saya jelaskan kembali, kalo semua ponsel pada dasarnya bisa dipakai sebagai modem namun tidak segesit modem biasa pada umumnya. Dan salah satu ponsel yang sdh saya buktikan kecepatannya sama atau mungkin lebih yakni ponsel andromax c ini. kelebihannya karena ponsel ini berbasis EVDO yang menurut buku sih lebih tinggi levelnya di atas 3G . maaf kalo salah ya hehehe

      Delete

Search