Tuesday, June 11, 2013

Puas Menggunakan Modem Smartfren

Modem smartfren adalah salah satu modem unggulan yang layak untuk direcomendasikan bagi pengguna internet. Selain harganya paling murah juga kecepatan transfer data yang tidak kalah dengan kecepatan spedy sekalipun. Sebelum saya kenal Smartfren, saya menggunakan modem GSM dengan (kebetulan) XL sebagai jaringan koneksi internet. Dengan harga barunya sekitar 600 ribu (saat itu) modem ini tergolong kelas menengah jika dibandingkan dengan modem sejenis yg  harganya 400 ribu. Berpatokan pada harga tersebut maka wajar jika saya awalnya sangat meragukan kualitas Modem Smarfren AC692 yang CUMA 199 Ribu. Sekedar informasi, modem gsm tersebut dalam kondisi bekas pakai saat saya beli. Ceritanya itu modem saya beli dengan harga 150 rb dan di cicil selama sebulan hahaha (beruntungnya diri ini). 

Bagi yang biasa menggunakan satu macam modem tentunya akan kesulitan menilai apakah modem yang di gunakan termasuk cepat atau lelet. Begitupun saat saya menggunakan modem (mahal) tersebut, saya belum bisa menilai apakah itu modem termasuk cepat atau lambat, sebab tidak ada modem sejenis yang menjadi pembanding.  Dan tentunya saat itu saya tetap merasa "puas" walaupun terlalu lambat dibandingkan dengan kecepatan standar warnet atau Speedy (jangan disamakan dengan speedy dong bro!).  Modem  itu akhirnya lebih banyak saya gunakan untuk browsing data teks dan facebookan saja. Untuk data diatas 5-10 mb kita harus sediakan kopi dan rokok agar tidak bosan menunggu. Jadi jangan berharap dah bisa leluasa menggunakan untuk lihat gambar gambar wah apalagi download film yang aneh-aneh hihihi. 

Tapi juga tidak lantas kita harus memvonis bahwa lambatnya browsing semata mata disebabkan oleh modem yang kita pakai, namun banyak sebab yg mempengaruhi kelambatan pada koneksi internet, mulai dari jaringan server, kuota intenet, sinyal gsm atau bisa juga penyebannya adalah karena faktor spek komputer  yan rendah. Tapi ngomong-ngomong kalo ada yg penasaran seperti apa (merk) modem yang saya maksud, silahkan baca kembali postingan jadul blog ini yang berjudulCara Menjadikan Ponsel Nexian menjadi Modem.

Begitulah, jika dulu saya butuh cepat data penting ataupun untuk kenyaman browsing saya tidak bisa berharap pada modem tersebut, tapi mesti  mengandalkan warnet  ataupun speedy di tempat kerja. Tapi itu dulu sebelum saya mencoba modem Smartfsren ini (perasaan modem smartfsren munculnya baru baru ini hehehe). Setelah saya memiliki modem murah dan canggih ini saya sangat leluasa untuk beraktifitas di dunia maya tanpa perlu kuatir lelah berangen. Bahkan saya berani prediksi umur warnet dan speedy akan segera berakhir jika tidak segera mengantisipasi bahaya pesaing dari kemunculan modem yg satu ini. Jika dulu warnet ramai di kunjungi meskipun penggunanya memiliki modem di rumah, tapi setelah kemunculan modem smartfren, saya yakin pengunjung warnet nantinya hanyalah orang orang "terpaksa" saja.

Hanya satu cara untuk bisa membuktikan tingginya kecepatan modem ini, yaitu dengan cara membandingkan langsung dengan speedy. Speedy dengan sistem DSL-nya di akui memang lebih cepat koneksi internetnya dibandingkan dengan modem biasa yang berbasis Dial up.  Namun begitu, dengan alasan fulus maka tidak sembarang orang mau dan mampu menjadi pelanggannya.  

Sebagai perbandingan, speedy yang saya gunakan (di tempat kerja dalam keadaan sepi pengguna) mampu mendownload file-file besar dengan kecepatan 200kbps. Tapi saya pun sudah beruntung bila speedy tetap bertahan pada kecepatan 80-100kbps, (lagi-lagi) itupun tidak setiap waktu karena normalnya speedy dengan kelas pengguna rumah tangga lebih dominan pada kecepatan 40 sampai 60kbps walaupun pada paket promosi di janjikan dengan kecepatan maksimum jauh di atas itu. Hal ini mungkin berhubungan dengan ramai tidaknya lalu lintas pemakai. Untuk diketahui setiap bulannya speedy ini harus di suntik dg dana segar sebesar minimal 200-300 ribu dengan pemakaian unlimited, dengan catatan setelah batas pemakaian tertentu, Speedy akan menurunkan kecepatan transfer datanya. 
 
Bandingkan dengan smartfren yang hanya modem kelas "flasdisk"ternyata mampu mendekati kecepatan speedy. Dalam beberapa kali kesempatan modem ini mampu mengirim data di atas 100kbps. Bagi saya ini adalah kelebihan luar biasa dari sebuah modem yg mengandalkan chip card seluler. Hingga akhirnya tidaklah sulit bagi saya untuk mempengaruhi sang bos  untuk beralih ke smartfrend (dengan pertimbangan efsisiensi dan kecepatan tentunya). Dengan kata lain setelah bos saya ikut-ikutan mencoba smartfren, kini hampir tiga bulan berlalu semenjak saya jadi provokator, tagihan speedynya tidak pernah diurus lagi hahaha.

Jika di kalkulasi dengan perhitungan biaya, menurut saya jelas Smartfren lebih ekonomis dibandingkan dengan speedy (walaupun speedy mengandalkan kuota internet unlimited namun tidak akan berarti banyak bagi pengguna yang memanfaatkannya hanya sekedar baca berita dan main facebook) . Ingat yang di sebut ekonomis itu bukan semata mata lebih murah namun lebih tepatnya adalah menguntungkan. Beberapa banyak provider seluler menjanjikan harga yang murah plus dengan kuota menumpuk namun tidak bisa terpakai karena sinyal yang tidak mendukung misalnya. 

Smartfren dengan harganya Rp 199.000,- ditambah dengan bonus data 5GB (dulu 3GB), ini sama dengan  biaya pemakaian speedy standar untuk satu bulan plus abodemen.  Selanjutnya setelah  masa bonus habis, cukup dengan Rp.50.000,- dg kuota sebesar 3GB (sdh termasuk bonus 1 GB) maka pelayanan speedy sudah bisa kita rasakan dalam smartfren ini setiap bulannya hehehe. Tapi yang perlu diperhatikan bagi pengguna baru modem ini adalah daerah tempat pakai harus berada pada jangkauan sinyal EVDO baik EVDO REV A maupun EVDO REV B. 

Evdo ini adalah istilah tehnologi yg di miliki oleh smartfren guna mempercepat transper data. Untuk diketahui ada beberapa Modem Smartfren yang bisa menjadi pilihan pengguna seperti  AC692 Rev A , modem Smartfren CE782 dan modem Smartfren CE682. Ketiganya memiliki spesifikasi hampir sama, hanya bedanya adalah pada modem smartfren CE682 yang memiliki fitur avatar dan dapat melakukan karaoke dengan dukungan fitur khusus didalamnya. Dan yang saya miliki adalah jenis modem Smartfren Evdo Rev. A dengan kecepatan maximal download  3,1Mbps & Upload 1.8 Mbps dan support pada Windows 7, 2000/XP/Vista/ and Mac OS X ( 10.5 – 10.6 – 10.7 )

Sekian semoga bermanfaat..!

UP: Tulisan ini tidak bermaksud menyanjung produk tertentu dan menjatuhkan produk yang lainnya, tapi semata-mata sebagai informasi demi kepentingan kita sebagai konsumen. Maksudnya saya ingin menyuarakan suara koncumen (bukan suara beo lho hihihi). Menurut saya ada tiga pemain utama dalam tulisan ini yaitu :
  1. XL, minus dalam hal pelayanan internet namun unggul dalam produk telpon+sms. (XL dermawan dalam hal telpon dan sms, sehingga di wilayah tertentu XL mengklaim (sepertinya benar)  telah mengusai lebih dari 90% pengguna  seluler). 
  2. Telkom, memiliki keunggulan pelayanan teknis dan jaringan signal yang kuat namun terkesan lebih mahal dari provider lainnya. (pengalaman saya dalam urusan speedy + administrasinya memperlihatkan Telkom sangat memperhatikan kualitas dan kepuasan pelanggannya) 
  3. Dan Smartfren, dengan koneksi terbatas pada pelayanan telpon dan sms namun unggul dalam hal internet murah namun pelayanannya setarap  Telkom dengan Speedynya. 
Jadi saya berharap setelah mereka (provider) membaca tulisan jujur dan berbobot ini, pihak perusahaan yang di sebut dalam tulisan ini semakin berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaiknya untuk para pelanggannya, dan tentunya yang beruntung siapa lagi kalau bukan kalian kalian juga hahaha.....

## ==== ##
Artikel  yang terkait :
  1. Cara Memulihkan Account Facebook Yang Di Blokir
  2. Cara Membuat atau Menampilkan Teks / Subtittle Pada Film / Video
  3. Cara Menghilangkan Blacklist Smadav
  4. Memutar DVD Tanpa Disk (Fungsi dan Manfaat Iso Maker)
  5. Cara Membuka Casing Pada Laptop Asus Eee PC Series
  6. Cara Mengedit Atau Menyesuaikan Subtittle Pada Film
  7. Cara Menjadikan Ponsel Nexian menjadi Modem
  8. Jangan Lupa Backup Data Anda..!!
  9. Rahasia Menggunakan Google translate
  10. Cara Mudah Memperbaiki Canon MP258 Yang Mati Total (full gambar)
  11. Google Adsense..I’m Coming, Please Take My Hand
  12. Cara Mudah Membongkar Total Printer Canon IP2770
  13. Mengapa Google Adsense Menolak Blog Saya..?
  14. Mengatasi File Download 99,99%
  15. Gagal Mengatasi IDM 99% Lewat Mozilla Firefox
  16. Persyaratan dan Ketentuan AdSense
  17. Cara Mengatasi Mozila Firefox Yang Tidak Bisa Terbuka
  18. Cara Bongkar Hardisk Pada Laptop Axioo
  19. Cara Membuka Casing Hardisk laptop
  20. Mengatasi SD Card Yang Terprotect : Sekedar Pemanis Blog
  21. Cara flashing Tablet Cina Extreme Oxygen
  22. Cara Membuat Icon Emotion di FB
  23. Cara Mudah Membongkar Total Notebook Acer Aspire 4750Z
  24. Puas Menggunakan Modem Smartfren .
  25. Menghilangkan Mode Aman Browser Yang Mengganggu 
  26. Bongkar Laptop Toshiba Satelite XXX
  27. Belajar Bongkar PS 2 
  28. Tips Bongkar Notebook Advan 
  29. Mengatasi Lenovo Yang Nge-blank

2 comments:

  1. setujuh brooo, dikantor jg pake speedy yg asik punya. nonton video setiap saat selalu oke.... tp lebih beruntung lagi diriku yg dpt hibah modem smart buat dirumah, kecepatannya lumayan memuaskan... cm ga un llimited hicks.... berhubung dana terbatas, dicari deh yg lebih murah, dpt m3 25rb 6gb! woooow!!!!!

    tp ternyataaaaaaa.... jangankan buka video, buka laman aja lamaaaaaaaaaaaaaaa.... bisa kebuka dah bersyukur daaaah...

    ahirnya, mo kembali ke smartpren ajah deh....

    ReplyDelete
  2. siip and mantaab brother..! kita berdua memang orang- orang yang yang selalu beruntung hahahaha

    ReplyDelete

Search