Wednesday, March 6, 2013

Cara Membuka Casing Hardisk laptop

Jika sebelumnya saya sempat menjelaskan tata cara membongkar  laptop asus dan axio, kali ini saya akan mencoba  berbagi cerita bagaimana teknik membongkar  casing hardisk sata untuk laptop. Hardisk yang saya mau bongkar ini dulunya adalah hardisk bawaan notebook merk Acer.

Sekedar info, kerusakan pada hardisk ini adalah lambatnya merespon alias sudah lelet.  Jadi hardisk ini secara umum masih terlihat normal, karena  masih bisa terbaca oleh bios maupun oleh OS. Disamping itu hardisk ini juga masih bisa menerima dan metransfer data. Tapi masalahnya adalah hardisk ini menyebabkan proses post dan  loading os menjadi sangat lambat. Dan tentu saja juga pada saat di partisi maupun di instal ulang.

Karena saya adalah seorang yang jujur,  maka tidak susah meyakinkan konsumen untuk  memberikan segel lem biru untuk hardisk ini, dan karena kebaikan saya pula, konsumen tersebut tidak perlu susah susah membuang jauh jauh hardisk rusak tersebut, sebab saya sudah menyediakan tempat khusus bagi  barang barang yang  hendak dibuang ditempat saya hahaha


Baiklah kita langsung mencoba membongkar hardisk keluaran Western Digital ini atau biasa kita kenal sebagai hardisk WD. Tentunya kalian penasaran seperti apa sih bagian dalam yang disebut hardisk itu, khususnya hardisk WD scorpio 160GB hihihi

·     Pertama –tama  tentu saja dibuka baut baut yang menempel di casing,

·    
 Kedua, jika  bautnya sudah lepas namun masih tetap saja menempel kayak perangko, berarti  masih ada baut didalam kertas timah (tempat nama dan spek hardisk tertera), mau tidak mau itu harus di lepas, hal ini sedikit akan membuat hardisk tidak terlihat keren lagi seperti semula


·

 Angkat dua baut  yang disembunyikan dibalik label timah tersebut (jadi ada dua lapis kertas timah yang perlu di bongkar untuk menemukan sisa baut hehee)

·     
  Naah setelah itu tinggal diangkat casingnya, maka terlihat sudah bagian dalam hardisk Selanjutnya terserah anda mau diapakan itu hardisk hihihi

No comments:

Post a Comment

Search