Monday, January 21, 2013

Google Adsense..I’m Coming, Please Take My Hand

Minggu-minggu ini kegiatan saya sebagai seorang bloger dalam puncak- puncaknya. Begitu banyak agenda dan rencana yang sudah dan akan saya  lakukan terutama untuk membenahi blok alakadar ini.  Secara pribadi saya sebenarnya  sudah merasa cukup dengan keadan blog ini yang apa adanya.. Karena  bagi saya cuma sekedar mengisi waktu luang dan tempat menumpahkan gejolak perasaaan anak muda hehee.

Bayangkan selama hampir setahun saya  bergelut dengan yang namanya blog, pengatahuan saya cuma sebatas cara mengganti   templat dan asesoris sederhana  lainnya.  Itupun dengan panduan yang super ketat dari tutorial yang saya dapatkan dari blok  sebelah.  Andai disuruh mengulang ataupun mengingat tahapan tahapannya mungkin blas saya tidak bisa sama sekali.  Itulah  sedikit gambaran bagaimana saya tidak terlalu peduili tentang blog , kecuali sebagai tempat membaca dan menulis sebuah artikel.

Dan hampir setelah setahun bermain sebagai seorang bloger pasif, saya merasa ada sesuatu yang sebenarnya bisa diraih untuk bisa dimanfaatkan.  Tentu saja syarat utamanya adalah merubah aktifitas bloging yang awalnya fasif menjadi aktif, dan bolehlah jika disebut hyper aktif. Tidak diragukan lagi bahwa  yang saya maksudkan  adalah bagaimana blog yang kita kelola bisa mendatangkan sebuah manfaat yang lebih besar berupa penghasilan alias materi hehehe. Sebuah kenikmatan dan kebanggaan tersendiri sesuatu yang sifatnya berasal dari hobby yang dilakukan secara iseng ternyata bisa menjadi mata pencaharian, atau jika itu di anggap berlebihan bolehlah dibilang sebagai penghasilan tambahan alias uang kaget. Bagaimana,  asik kan..?

Awal cerita sekitar dua minggu lalu, dimana dengan tanpa sengaja saya  menemukan sebuah artikel  yang membuat saya berkhayal menjadi orang kaya hihihi.  Bagaimana tidak menghayal  artikel sederhana itu menceritakan pemiik blog dan kawan kawannya yang begitu mudah mendapatkan sejumlah dolar setiap bulannya dari internet.  Dan saya tidak perlu panjang lebar berteka teki, karena seorang bloger sudah pasti bisa membaca kemana maksud saya ini...YA.. GOOGLE ADSENSE ..!!

Timbul pertanyaan, apakah saya selama ini tidak tahu yang namanya GOOGLE  ADSENSE..? Jangan salah, sebelum saya membuat blog , saya  pernah mendengar dan mempelajari yang namanya GOOGLE ADSENSE ini. Namun GOOGLE ADSENSE setahun yang lalu tidak akan banyak berarti bagi seorang yang gaptek teknologi seperi saya ini.  Begitulah setahun yang lalu alasan saya membuat blog adalah karena  salah satu Program andalan Tuan GOOGLE ini.  Namun semakin saya “mengerti “ tentang GOOGLE ADSENSE  semakin membuat saya tidak bisa menulis SAAT ITU.  Satu postingan hasil copas dari sebuah buku menjadi postingan terakhir di blog yang saya sudah lupa namanya.

Sebuah tindakan yang memalukan sebenarnya untuk diungkap. Namun begitulah hasil sebuah pekerjaan jika diniatkan semata mata ingin mendapatkan kesuksesan tanpa kerja keras.  Hasil terbaik tidak akan pernah bisa terwujud dengan usaha yang serba instan. Dan beberapa bulan kemudian setelah saya melupakan yang namanya GOOGLE ADSENSE saya kembali membuat blog tentunya dengan tujuan yang jauh berbeda. Dan hasilnya saya bisa bertahan sampai sekarang dengan menghasilkan karya karya sendiri yang mengagumkan bagi saya hihihi

Kembali kemaslah blog yang membuat saya berkhayal menjadi orang kaya.  Perlu di tegaskan bahwa  dua minggu yang lalU,  saya untuk  pertama  kali KEMBALI  membaca  dengan seksama artikel tentang program  GOOGLE ADSENSE setelah lebih dari setahun yang lalu saya lupakan. Ada lima  poin yang membuat saya  betah berlama lama diblog yang membahas tentang kedermawanan GOOGLE  ADSENSE ini, yaitu :

  1. GOOGLE ADSENSE sudah support  bahasa Indonesia   
  2. GOOGLE ADSENSE  dengan baik hati menerima blog yang berumur satu bulan  
  3. Pengunjung sebuah blog minimal 20, diblog lain malah ada yang menyebut pengunjung minimal 10 setiap hari.        
  4. Isi blog bukan postingan hasil copas mentah (tidak menyebut kualitas isi)   
  5. Blog minimal berisi 20, di blog lain menyebutkan 10 dan yang ekstrim lagi ada blog yang di aprove padahal hanya memiliki satu postingan dan umur blog baru semingu..luar biasa..!.        
  6. Point ke 6,7 dan seterusnya tidak perlu disebutkan karena  bisa dilaksanakan sambil jalan karena berhubungan dengan masalah teknis

Tentu saja membaca  point point yang disebutkan membuat saya terkaget-kaget dan langsung menghayal menjadi  orang kaya.  Bagaimana tidak percaya diri? lha blog saya juga memiliki point yang lebih tinggi dari pada point point yang disebutkan diatas, yaitu;

  1.  Blog saya juga berbahasa Indonesia hehehe   
  2. Umur blog saya kurang lebih 10 bulan    
  3. Pengunjung harian blog saya (setelah saya amati dua minggu terakhir)  sudah mencapai  sedikitnya 50 dan sempat  nongol pada angka 129, (sebelum membaca artikel GOOGLE ADSENSE saya tidak terlalu memperhatikan pengunjung blog hehehe       
  4. Isi blog saya murni hasil karya cipta sendiri (tapi kualitas isi  jangan ditanya ! hahaha)       
  5. Blog saya berisi  lebih dari  40 postingan, belum lagi isi BLOG yang saya sembunyikan sebagai draf  yang berjumlah  sekitar 15 judul  hihihi)
6.       Dan yang penting lagi, bukan sombong lho bahwa saya tidak pernah menggunakan seribu macam cara ataupun seting sana sini untuk  bisa mendatangkan pengunjung, apakah itu berupa promosi, tautan link, mengindeks blog pada  BANYAK search engine dan lain sebagainya yang membuat  saya sakit kepala.  (pengunjung  blog saya mungkin bisa mencapai ratusan perhari jika saya menerapkan teori teori tersebut hihihi) Dan teori teori semacam inilah yang sebenarnya membuat kita memiliki gambaran betapa sebuah blog itu adalah sesuatu yang sulit, dan hal ini mau tidak mau berhubungan juga dengan hilangnya semangat untuk belajar  atau berusaha (menjadi bloger), apalagi boro boro bermimpi tentang yang namanya GOOGLE ADSENSE..!

Ada beberapa kesimpulan atau hikmah yang bisa ditarik, bahwa niat adalah hal utama untuk selalu tetap bersemangat melakukan apapun kegiatan itu. Buktinya  ketika awal mula saya membuat blog  yang menjadi tujuan utama  adalah uang, namun tidak didukung oleh kemampuan saat itu, maka hasilnya seperti yang saya tulis diatas bahwa nasib blog saya sangat merana. Hanya berisi satu postingan hasil copas dari sebuah buku, dan akhirnya saya pun lupa nama blognya hihihi.

Bandingkan dengan niat saya membuat blog sebagai wadah menulis untuk sekedar berbagi. Pelan tapi pasti hal hal yang dulu membuat saya pesimis tanpa saya sadari satu persatu dengan sendirinya  mulai mendekati saya hehehe.  Yaah niat karena  ingin berbagi dengan sesama (ibadah , insya Allah) hasilnya sungguh luar biasa jika dibandingkan dengan niat yang semata mata karena materi. Seperti kata pepatah, menanam padi pastinya  rumput akan tumbuh, sebaliknya menanam rumput jangan harap padi ikut tumbuh hehehe.

Dan akhirnya kini saya bertekat untuk mencoba peruntungan saya sebagai calon orang kaya baru. Tentunya dengan mempersiapkan  blog saya ini agar bisa memenuhi syarat sebagai fartner GOOGLE ADSENSE.  Namun apapun hasilnya saya akan tetap bersyukur,  apakah blog saya di aprove atau tidak bukan lagi soal. Karena saya merasa  faktor  GOOGLE ADSENSE inilah saya mengenal banyak ilmu tentang   bloger yang  benar, khususnya untuk dua minggu belakangan ini.  

Ada beberapa hal positif yang sudah saya dapatkan mulai dari semangat untuk menulis  lebih banyak lagi, memperbaiki kualitas tulisan, memperindah blog dan tentu saja tentang ilmu ilmu pemblogeran lainya yang insya Allah akan bermanfaat kelak..! karena kegagalan dalam meraih simpati GOOGLE ADSENSE bukan berarti usaha kita akan kiamat, melainkan banyak celah yang sendirinya akan terlihat dalam sebuah kegagalan.  Lalu jika demikan, apakah berlebihan jika saya mengatakan, “ GOOGLE ADSENSE, I'm coming.. and please take my hand....”

2 comments:

  1. Tetap semangat dan mensuci kan niat untuk slalu berbagi ilmu dan pengalaman tanpa adanya embel2 ingin menjd "org kaya" insyaALLAH rezeki tdk akan tertukar,,,

    tetap jadikan suatu hobi bro yg PD tentang
    menulis,hehehe,,,sbagai ladang untk beribdah dan syukur2 bs menjd ladang tmbhan untk menambh penghasilan seperti yg dikutip bro diatas,,,hehe,,,
    GOOD LUCK FOR U,,
    Saya suka dgn KEJUJURAN,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih, tapi saya lebih suka kejujuran yang manis daripada kejujuran yang pahit hehehe...seperti ini komentar2 anda misalnya, komentar anda adalah contoh kejujuran manis bagi saya hehehe

      Delete

Search