Monday, December 2, 2013

Tips Membongkar Notebook Advan Vanbook

Jika pada tutorial sejenis saya biasa menggunakan kata "cara" atau "langkah", kali ini saya memilih menggunakan kata "tips" saja untuk judul artikel yang satu ini. Saya memilih kata kunci "Tips" dengan harapan artikel ini bisa muncul di list pencarian pada kata kunci TIPS meskipun mungkin bukan tutorial semacam ini yang di maksudkan. Disamping itu, saya juga melihat tutorial di blog ini kebanyakan menggunakan kata CARA dan itu kurang bijaksana.  Jadi setiap kata di blog ini sebisa mungkin tidak asal comot apalagi monoton, tetapi memang sudah di atur sedemikian rupa dengan perhitungan-perhitungan tertentu (canda bro)

Sekedar informasi, kerusakan notebook ini bukan sebab terjatuh atau hal berat lainnya, melainkan tiba-tiba saja "ngambek" saat di hidupkan sejam setelah dipakai. Setelah saya cek dan membongkar total, kesimpulannya adalah mobonya bermasalah dan harus di ganti. Mungkin sedikit mengagetkan barangkali, sebab tiada hujan tiada badai tetapi kerusakan barang yang "terlihat" normal-normal saja ternyata lebih parah dari yang terlihat. Tetapi saya pun sebenarnya tidak kaget juga, sebab melihat harga dan kelasnya yang mid, wajar saja, mungkin umur pemakaiannya memang cuma sampai segitu saja hehehe.

gambar 1
gambar 2
Membongkar notebook advan ini rada -rada susah lho. Oke pertama-tama saya tunjukan dulu gambar depan note book Advan sahabat saya ini. Baru setelah itu kita pindah ke bagian belakang guna melihat lihat dulu tentunya. Melihat-lihat di sini maksudnya memerikasa bagian bagian luar laptop guna memudahkan pembongkaran nantinya hehehe. Sekarang kita lepas dulu semua baut-baut yang menempel di body belakang seperti pada gambar 2..



gambar 3



















































gambar 4
Setelah semua baut di lepas, kembali lagi ke bagian depan laptop untuk membuka  keyboard. Caranya dengan mencungkil bagian pinggir keyboard. Tujuan membuka keyboard adalah untuk mengetahui apakah ada baut tambahan tersembunyi yang bisa mengganggu kelancaran pembongkaran laptop . Setelah di pastikan aman kini balik lagi pada belakang laptop untuk membuka casing laptop..





LCD
gambar 6
Setelah casing belakang di buka maka akan nampak bagian dalam laptop yang agak berbeda. Maksud saya Jika laptop yang lain jika hanya membongkar ram
atau hardisk misalnya cukup dengan membongkar semi saja. Tapi di laptop Advan ini, mau apa saja, entah itu sedikit atau banyak harus membongkar secara keseluruhan karena langsung menjadi satu (tanpa ada kamar-kamar tersendiri) hehehe. Dan yang harus di perhatikan adalah, sebelum membongkar bagian bagian laptop yg menempel pada mobo, lebih baik LCD di lepas saja utk menghindari resiko di samping mempermudah mengutak atiknya.  Gambar 6 adalah  mobo yg sudah lepas dari casing,  dan dan tentu saja sebelumnya atribut lain seperti ram, hardisk, wifi dan segala tetek bengek kabel nya sudah di amankan terlebih dahulu.


Dan terakhir, karena sudah kadung susah payah ambil gambar, tidak apa apalah pada bagian penutup artikel ini saya lampirkan juga gambar casing tanpa ada mobonya, dan di kanannya adalah penutup kipas sekaligus pengunci procecornya. Lagi-lagi di sini tempat uniknya lagi. Jika laptop pada umumnya menyatu antara kipas dan penutupnya, tapi agar terlihat tampil beda, Advan memisahkannya hehehe. 

Semoga bermanfaat..!



## ==== ##
Artikel  yang terkait :
  1. Cara Memulihkan Account Facebook Yang Di Blokir
  2. Cara Membuat atau Menampilkan Teks / Subtittle Pada Film / Video
  3. Cara Menghilangkan Blacklist Smadav
  4. Memutar DVD Tanpa Disk (Fungsi dan Manfaat Iso Maker)
  5. Cara Membuka Casing Pada Laptop Asus Eee PC Series
  6. Cara Mengedit Atau Menyesuaikan Subtittle Pada Film
  7. Cara Menjadikan Ponsel Nexian menjadi Modem
  8. Jangan Lupa Backup Data Anda..!!
  9. Rahasia Menggunakan Google translate
  10. Cara Mudah Memperbaiki Canon MP258 Yang Mati Total (full gambar)
  11. Google Adsense..I’m Coming, Please Take My Hand
  12. Cara Mudah Membongkar Total Printer Canon IP2770
  13. Mengapa Google Adsense Menolak Blog Saya..?
  14. Mengatasi File Download 99,99%
  15. Gagal Mengatasi IDM 99% Lewat Mozilla Firefox
  16. Persyaratan dan Ketentuan AdSense
  17. Cara Mengatasi Mozila Firefox Yang Tidak Bisa Terbuka
  18. Cara Bongkar Hardisk Pada Laptop Axioo
  19. Cara Membuka Casing Hardisk laptop
  20. Mengatasi SD Card Yang Terprotect : Sekedar Pemanis Blog
  21. Cara flashing Tablet Cina Extreme Oxygen
  22. Cara Membuat Icon Emotion di FB
  23. Cara Mudah Membongkar Total Notebook Acer Aspire 4750Z
  24. Puas Menggunakan Modem Smartfren .
  25. Menghilangkan Mode Aman Browser Yang Mengganggu 
  26. Bongkar Laptop Toshiba Satelite XXX
  27. Belajar Bongkar PS 2 
  28. Tips Bongkar Notebook Advan 
  29. Mengatasi Lenovo Yang Nge-blank

1 comment:

Search