Saturday, January 19, 2013

Cara Mudah Memperbaiki Canon MP258 Yang Mati Total (full gambar)



 Untuk memenuhi target pribadi dalam memakmurkan saya punya blog, maka kali ini tidak ada salahnya saya memposting pengalaman saya dalam mencoba memperbaiki printer Canon dengan type MP258. 

Untuk diketahui bahwa membongkar printer dengan type ini tergolong lebih  rumit daripada membongkar printer canon 2770. Jadi dalam postingan kali ini saya hanya akan berbagi pengalaman dalam membongkar sebagian casing yang saya anggap perlu saja. (bilang saja bro kalo lo kesulitan dalam membongkar total hihihi).

Beberapa hari yang lalu seorang kawan meminta bantuan untuk memeriksa printer foto copynya yang mati total. Kemungkinan penyebab mati totalnya printer secara umum terjadi pada power suply, kabel penghubung power suply dan terakhir tentu saja mesin printer itu sendiri. Itu menurut saya yang masih belajar tentang printer, kalo yang sudah master mungkin lain lagi penyebabnya hehehe
gambar 1
gambar 1
Langsung saja bro ke ruang group markas teknisi komputer, eiit salah maksud saya keruang bengkel kerja saya hihihi.

gambar 2
1.  gambar yang di samping kiri  tak perlu dijelaskan sepertinya, langsung perhatikan gambar no 2. untuk mempermudah pekerjaan, kait yang berfungsi sebagai penyanggah harus di keluarkan dari    relnya.
gambar 3



2. setelah berhasil mengeluarkan penyanggah, kini posisi penutup sudah bisa di tidurkan, sehingga kita lebih mudah untuk memeriksa ataupun membongkar baut yang berada dalam bagan printer (lihat gambar 3 )

gambar4
3.  Gambar nomor 4 dan nomor 5 menunjukan kondisi  printer yang sudah bebas dari penutup utama, dan yang nampak adalah penyanggah kertas. Dalam tahap ini printer tidak mesti di bongkar seluruhnya, karena masing masing bagian komponen dalam printer berada pada bagiannya sendiri sendiri, misalnya tidak mesti kita membongkar "kamar' power suplay jika yang bermasalah adalah tempat parkiran cardridge hehehe.

gambar5

 4. Tidak masalah juga bila penyanggah kertas di lepas saja, karena terkadang suka jatuh dengan sendirinya jika kita terlalu asik membolak balik. karena dalam suasana tegang, maka suara sekecil apapun bila berasal dari barang yang belum kita kuasai sepenuhnya tetap saja akan membuat kita terkaget kaget, dan saya beberapa kali harus spot jantung karena penutup kertas tiba tiba saja menghantam turun jika tidak di pegang erat erat qiqiqi (lht gambar 6)
gambar6

5. naah setelah semua terlepas, maka kita akan lebih mudah untuk membongkar bagian dari printer yang mana saja. tapi dalam kasus ini, dimana kerusakannya karena mati total, maka saya harus membongkar bagian mesin (motherboard printer). hal ini dilakukan dengan catatan jika sebelumnya power suply ternyata bukan penyebab mati total.printer. artinya sebelum kita membongkar kamar mesin, kita terlebih dahulu memerikasa power suply yang letaknya lebih gampang..

gambar 7
gambar 8
gambar9
6. Gambar 7,8 dan 9 menunjukan proses membuka penutup mesin yang berada pada samping kiri printer. Sebenarnya yang ideal adalah membuka terlebih dahulu penutup tombol tombol power dan lampu led yang terletak di bagian atas. jika dirasa bahwa kerusakan terjadi pada tombol power yang macet tidak berfungsi ataupun mungkin karena kotor.


gambar 10


7. Gambar nomor 10 dan sebelas menunjukan gambar bagian samping dimana mother board printer bersemayam. cek kabel power, bila perlu cabut dan bersihkan debu yang menempel, dan setelah itu pasang kembali ke konektornya. Disamping kebel power ada beberapa kabel fleksible, rapikan dan luruskan semua .

gambar 11



gambar 12
8. Jika ternyata sampai disini masalahnya belum terselesaikan, hal yang paling mudah selanjutnya adalah membuka penutup tombol tombol seperti tombol power dan lampu led seperti pada gambar no 12.



gambar 13
 9. Langkah terakhir adalah membongkar penutup bagian belakang printer guna memeriksa atkondisi kabel penghubung antara power suply dengan mesin printer, keluarkan bila perlu untuk mempermudah pemeriksaan (gambar 13)

gambar 14
10. gambar pada no 14, menunjukan penutup belakang tempat kabel penghubung power suply dengan mesin telah terbuka.

gambar 15 power suply dan kabel baru
11. Sediakan beberapa power suply (kalo ada)  ataupun kabel penghubung penghubung power sebagai alat untuk mengetes printer supaya printer yang mati total benar benar di ketahui apa penyebab kerusakannya. dan dalam kasus saya ini, ternyata penyebabnya bukan power suply, kabel conector apalagi mother board printer, melainkan karena tombol power yang macet..!!
gambar15




12. Gambar 15 menunjukan printer yang kembali normal setelah setelah tombol power di utak atik. perhatikan gambar gambar 14 belas, printer masih mati dan yang menyala hanya lampu alarm saja, tapi setelah penutup tombol yang berwarna putih di buka dan sedikit di utak atik ternyata printer menyala dengan indah hahaha..

Semoga bermanfaat..!

UP; Mohon maaf bagi para master printer yang kebetulan membaca artikel ini..Tolong dimaklumi saja jika ada kesalahan dalam penjabaran yang saya tulis hehehe


## ==== ##
Artikel  yang terkait :
  1. Cara Memulihkan Account Facebook Yang Di Blokir
  2. Cara Membuat atau Menampilkan Teks / Subtittle Pada Film / Video
  3. Cara Menghilangkan Blacklist Smadav
  4. Memutar DVD Tanpa Disk (Fungsi dan Manfaat Iso Maker)
  5. Cara Membuka Casing Pada Laptop Asus Eee PC Series
  6. Cara Mengedit Atau Menyesuaikan Subtittle Pada Film
  7. Cara Menjadikan Ponsel Nexian menjadi Modem
  8. Jangan Lupa Backup Data Anda..!!
  9. Rahasia Menggunakan Google translate
  10. Cara Mudah Memperbaiki Canon MP258 Yang Mati Total (full gambar)
  11. Google Adsense..I’m Coming, Please Take My Hand
  12. Cara Mudah Membongkar Total Printer Canon IP2770
  13. Mengapa Google Adsense Menolak Blog Saya..?
  14. Mengatasi File Download 99,99%
  15. Gagal Mengatasi IDM 99% Lewat Mozilla Firefox
  16. Persyaratan dan Ketentuan AdSense
  17. Cara Mengatasi Mozila Firefox Yang Tidak Bisa Terbuka
  18. Cara Bongkar Hardisk Pada Laptop Axioo
  19. Cara Membuka Casing Hardisk laptop
  20. Mengatasi SD Card Yang Terprotect : Sekedar Pemanis Blog
  21. Cara flashing Tablet Cina Extreme Oxygen
  22. Cara Membuat Icon Emotion di FB
  23. Cara Mudah Membongkar Total Notebook Acer Aspire 4750Z
  24. Puas Menggunakan Modem Smartfren .
  25. Menghilangkan Mode Aman Browser Yang Mengganggu 
  26. Bongkar Laptop Toshiba Satelite XXX
  27. Belajar Bongkar PS 2 
  28. Tips Bongkar Notebook Advan 
  29. Mengatasi Lenovo Yang Nge-blank

10 comments:

  1. kalao saya lain masalah. saya sudah ikutin yang mas buat. tapi masih belum hidup. dan saya ganti motherboard type m287 hidup. tapi tidak bisa digunakan. error.

    jadi klo memperbaiki mother board printernya gimana. mungkin ini masalah saya pada mother board.... gimana cara cek mana yang tidak berfungsi. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tetap g bisa coba cek dioda ya karena kebanyakn mainboard printer di sana yang sering rusak atau kebakar thank"s

      Delete
    2. trims bro Lailur atas info tambahannya...

      Delete
  2. soal printer sebenarnya saya juga masih awam bro, jadi jika masalahnya sudah lari ke mobo dan yakin masih bisa diperbaiki saya minta tolong kawan yang paham elektro..maaf bro jika jawaban saya tidak membantu hehehe

    ReplyDelete
  3. printer saya juga mati total... tapi saya mau coba cara ini,,, mksi y

    ReplyDelete
  4. bro Ishak, terimakasih atas apresiasinya semoga berhasil hehehe

    ReplyDelete
  5. mp258 saya ini, sebelum mati total menyuarakan suara 'nging" itu karena apa ya???
    mesin awalnyya hidup, nada nging membuat aktivitas cetak terhenti. krn panik saya matikan paksa dg mencabut colokan. setelah itu mati total. mohon ilmunya....

    ReplyDelete
  6. bongkar saja bro biar jelas masalahnya, masalah nging itu sudah biasa dan banyak penyebabnya, dan biasanya itu terjadi kalo ada unsur "pemaksaan" pada mesin printer hehehe. jadi saran saya sebagai pemula bongkar dan bersihkan saja dahulu sambil memeriksa kondisi power suplynya. karena sy yakin suara ngiing itu berasal dari printer yg kotor atau ada bagian yang lepas dari tempatnya, atau juga ada barang asing yg masuk ke dalam printer..maaf jika salah hehehe

    ReplyDelete
  7. thx mas, atas petunjuknya. pertama kali bongkar dulu tutup atas tombol2, goyang2 connector kabel slendangnya, langsung nyala dengan indah printernya hehehe. thx mas.

    ReplyDelete
  8. gimana kalo, eh mau nanya kang, printer saya Canon MP258 tiba tiba kalo di on lampu indikatornya nyala tapi langsung mati, aliase ga mau hidup, gimana itu yah mas, terima kasih atas jawabannya....

    ReplyDelete

Search

Loading...