Thursday, May 31, 2012

Cara Menghilangkan Blacklist Smadav 9.0

Smadav Anti Virus; Manfaat Dan Fungsi Yang Tersembunyi

Anti virus Smadav adalah anti virus hasil kreativitas anak bangsa yang patut dihargai dan di acungi jempol. Dengan kapasitas yang ringan namun kemampuannya cukup tangguh untuk membasmi virus virus yang terkadang tidak bisa dibersihkan oleh anti virus luar seperti AVG, Kaspersky dan anti virus hebat lainnya.

Alasan inilah yang membuat saya suka memakai anti virus lokal ini, dan bermula dari pengalaman dimana komputer konsumen saya yang berisi data data super penting tiba tiba menghilang, yang ada hanya berupa folder folder kosong dengan judul utuh, namun isinya lenyap tidak berbekas.

Begitu paniknya konsumen saya saat itu sampai sampai sempat menanyakab berapa biaya untuk mengembalikan data data tsb. Tentu saja biaya untuk mengangkat data bukanlah perkara murah dan mudah, karena biaya resminya adalah di hitung per CD dengan asumsi semua data apakah yang penting atau tidak ikut di hitung saat pengangkatnya.

Bayangkan jika data yang diangkat puluhan giga sedangkan kapasitas CD kurang dari 800 MB. Dan satu CD di kenakan biaya @Rp.80.000,- Waaw..berapa banyak uang yang harus dikeluarkan, itupun kalo prosesnya berjalan lancar sebab kondisi Hardisk sangat berperan dalam berhasil tidaknya proses penyelamatan data tsb.

Setelah saya menanyakan sebab musabab kejadiannya, maka sesuai dengan jawaban konsumen, saya menyimpulkan bahwa sebenarnya data masih ada namun hanya disembunyikan saja oleh sesuatu makhluk gaib bin ajaib yang bernama “virus”

Saat itu saya belum pernah memakai smadav karena alasan sederhana yaitu tidak mempercayai kehebatan anak bangsa xixixi, jadi langsung saja saya pakai anti virus andalan saya saat itu yaitu Kaspersky Internet Security, dan hasilnya cukup mengecewakan saya dan membuat konsumen saya harus menangis terharu hahahaha. Artinya itu komputer harus di opname dengan tujuan untuk dioperasi bedah cesar, hmm...

Hari berikutnya tanpa sengaja saya iseng iseng menggunakan anti virus Smadav yang memang saya gunakan hanya untuk konsumen saja sebagai pelengkap dan pemanis. Karena kebetulan smadav yang saya punya saat itu adalah smadav Pro dimana saat itu smadav pro masih jarang yang memiliki. Jadi Smadavnya hanya sekedar gagah gagahan saja hehehe. 

Namun setelah saya scan ternyata hasilnya sungguh diluar dugaan, dengan melihat laporan hasil scannya saja saya sudah merasa ini anti virus sepertinya akan berhasi menunaikan tugas sucinya, dan ternyata setelah diperiksa..waaaw..! hasilnya ternyata membuat konsumen saya menangis lagi, menangis karena dia tidak jadi di omel ama bosnya. Dan akhir cerita Smadav berhasil memulihkan data data itu tanpa dikorupsi sedikit pun.

Dan dibawah ini saya akan berbagi ilmu kepada pengguna komputer yang menggunakan smadav pro namun karena kesalahan update sehingga anti virusnya di black list dan menjadi smadav free lagi. 

Dan ciri ciri smadav pro di black list adalah warnanya yang berubah menjadi hitam legam. Dan untuk mengembalikan agar smadav bisa normal berfungsi maksimal lagi, Silahkan ikuti petunjuk dibawah ini.

1.  Pastikan Smadav di komputer Anda tidak aktif(Klik kanan pada ikon Smadav di  System tray dan klik Exit
2.  Lalu hapus file "PIR?SYS.DLL" yang ada di "C:\Windows\System32\PIR?SYS.DLL" Jika sudah dihapus/ tidak ada, lanjut ke langkah ke-3)
3.  Klik Start-Run lalu ketik "Regedit" atau tekan logo Windows & R secara bersamaan lalu ketik "Regedit" untuk menjalankan registry editor.
4.  Lalu buka HKEY_CURRENT_USER -> Software -> Microsoft -> Notepad pada registry editor.
5.  Kemudian cari "lfPitch?ndFamily", "lfPitch?ndFamily2", dan "lfPitch?ndFamily3", bila sudah ditemukan hapus semua lfPitch?ndFamily.
6.  Selanjutnya buka C:\Program Files\Smadav dan klik 2 kali pada file "SM?RTP.exe" untuk menjalankan Smadav.
7.  Masukkan Register smadav pro pada tab Setting di Smadav. (nama dan no register bisa dicari di google)
8.  Selesai,  



Semoga bermanfaat!!

No comments:

Post a Comment

Search