Monday, January 28, 2013

Mengapa Google Adsense Menolak Blog Saya..?

Judulnya polos banget ya..? Eiits, jangan salah bro..! Dalam ilmu SEO yang saya pelajari secara kilat bahwa  judul diatas adalah salah satu key word handal dalam bersaing di mesin pencarian..tidak percaya..? Silahkan  tutup blog ini kembali,  dan tulis judul diatas pada browser  anda, niscaya nama blog ini paling atas dalam pilihan pencarian. Jadi  judul diatas bukan semata mata ingin memamerkan  kegagalan  blog ini  dalam bermitra dengan Google , melainkan karena kejeniusan pemilik blog ini hihihi

Dalam postingan sebelumnya, sekitar  dua minggu  yang lalu, seperti diketahui saya berencana mendaftarkan blog  alakadar ini sebagai mitra Google dalam program Adsende-nya. Sebelum mendaftar  tentu saja selama dua minggu  saya berusaha melengkapi syarat –syarat yang di ajukan Google. Ada beberapa perubahan kecil  yang saya lakukan, baik itu penambahan  dan  penghapusan beberapa postingan yang berpotensi sebagai  faktor  pengganjal  diterimanya blog ini oleh Google. Selain masalah postingan, saya juga menambah beberapa laman Navigasi blog seperti Home, Site Disclaimer, Privacy Policy, Contact Us dan lain sebagainya.  

Setelah dirasa semua persyaratan dianggap memadai, maka saya dengan mengucap  Bismillahi rahmaanirahim langsung mengklik tombol “penghasilan” sebagai pintu pertama  dimulainya pendaptaran Google Adsense. Dan pihak google dengan tersenyum ramah  menyambut rayuan saya dengan mengatakan; “Terimakasih atas perhatian anda pada program kami. Silahkan menunggu keputusan kami , paling lambat dua hari anda akan mendapatkan laporan tentang masa depan anda..dst”

Sementara menunggu konfirmasi dari pihak Google Adsense, sementara waktu saya tidak membuka blog ini. Karena menurut blog sebelah bahwa melakukan aktifitas blog selama masa pemeriksaan adalah sesuatu yang berbahaya dan menjadi nilai minus dimata para penyidik Google.  Saya membayangkan diri saya adalah seorang tersangka yang di kuatirkan akan menghilangkan bukti bukti atau ingin menciptakan alibi yang kuat sehingga perlu diawasi qiqiqiqi. 

Dua hari menanti sesuatu yang mendebarkan  sungguh terasa sangat melelahkan. Harap harap cemas itulah judul penantian tersebut.Namun tidak sampai dua hari, karena tidak sabar ingin melihat hasil penyidikan pihak Google, saya nekat membuka email dan ternyata memang sudah ada konfirmasi disana. Dan jawaban yang saya terima membuat saya berderai airmata, karena isinya sungguh didalam dugaan saya dan para penggemar blog ini. Dengan sangat menyesal pihak google mengatakan  tidak bisa menerima  blog hebat ini dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu yang tidak mesti dipaparkan pada pemilik blog, apalagi kepada para penggemar blog ini...dan begitulah akhirnya untuk sementara saya terpaksa harus melupakan khayalan selama dua minggu ini sebagai calon orang kaya baru..

Apakah dengan begitu semuanya sudah dianggap berakhir..?  Tentu saja tidak. Minimal saya sebagai pemilik blog luar biasa ini kini memiliki pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan.  Membenahi blog itu sudah pasti, namun bukan itu yang saya anggap sebagai  tugas dan PR, melainkan hal utama yang perlu dilakukan adalah menganalisa sebab syarat blog masa depan ini di tolak oleh google. Sebab seperti yang tertulis dalam surat keputusan google bahwa penyebab tidak diterimanya  blog ini adalah sesuatu yang rahasia, dan sebagai pemilik blok saya harus memecahkan rahasia tersebut. Mudah mudahan saja rahasia tersebut lebih mudah daripada mengisi teka teki silang.

Ada beberapa sebab yang mengharuskan  google  menolak sebuah blog untuk mengikuti program adsense, terlepas apakah blog tersebut sudah berkelas bintang ataupun sudah memiliki pengunjung setia seperti blog hebat ini.  Dan setelah saya membanding-bandingkan dengan  beberapa tulisan diblog tetangga, maka naluri kependekaran alias analisa saya mengatakan, bahwa blog alakadar ini harus (bukan terpaksa) di tolak karena beberapa sebab, yaitu :

  1. Deskripsi, kriteria, dan  isi dari blog ini tidak jelas, sehingga Google akan kesulitan untuk menampilkan  iklan macam apa yang cocok dengan blog ini. Sebaliknya hal ini juga akan berpengaruh kepada pengunjung blog, dan dalam istilah versi saya, iklan hanya akan dilihat oleh “pengunjung tersesat  
  2. Saya merasa ada beberapa gambar  di blog ini yang saya kuatirkan dianggap sebagai  pelanggaran hak cipta oleh Google, walaupun sebelumnya saya sudah menghapus beberapa  gambar yngg saya curigai memiliki Hak Cipta
  3. Masih berhubungan dengan di atas,  kualitas dari  postingan dalam blog tercinta ini belum memenuhi layak tidaknya sebuah iklan tampil. Iklan tentu saja harus terlihat menarik, dan faktor penarik tersebut bisa disebabkan oleh tulisan-tulisan pada blog pengiklan yang terlihat mantap dan menghipnotis para pembacanya.      
  4. Saya menduga pihak Google melihat adanya ketidak seriusan saya dalam mengelola blog. Hal  ini akan terlihat dari frekuensi postingan yang tidak  teratur, bahasa yang semau gue dan lain sebagainya, sehingga  blog ini lebih terkesan sebagai blog pribadi dan bukan blog komersial yang memiliki materi yang bernilai jual.
Demikian analisa   sepihak saya. Dan yang namanya analisa bisa benar dan bisa juga salah.  Dan dari hasil analisa itu, saya kini akan mencoba memperbaikinya dengan (akan)  melakukan hal-hal  sebagai berikut ;

1.      Kedepannya saya akan memfokuskan materi pada satu bidang , sehingga masalah masalah pada nomor 1 bisa diatasi

2.      Materi yang saya pilih adalah materi yang  relatif saya kuasai, sehingga dengan sendirinya gambar gambar yang diperlukan tidak perlu mengambil dari internet lagi. Dalam beberapa kasus Google bisa mendeteksi bahwa gambar yang ada dalam blog adalah hasil copas dari internet.

3.  Yang berikutnya masih berhubungan dengan nomor 1 dan 2, bahwa  untuk materi yang berkualitas, tentu saja kita harus paham dan menguasai materi  itu sendiri. Dan solusinya seperti yang saya tulis diatas adalah saya harus mengisi blog saya dengan materi materi yang saya kuasai.

4.       Blog harus  memiliki isi dan bahasa yang  bernilai komersial, yang memperhatikan kebutuhan dan selera  pembaca, bukan semata mata  demi kepentingan pribadi pemilik.  Ini yang disebut dengan idealis versus realistis. Dan ini yang ribet, Terlalu sayang jika saya mengorbankan blog full idealisme ini untuk dirombak total.  Maka  membuat blog baru yang berbeda  dengan postingan yang  rutin ter-update adalah  jalan keluar yang tepat. 


Dan  saya percaya google akan percaya dengan keseriusan saya  karena saya sudah mempunyai target tiga postingan dalam seminggu hehehe. Dan akhir kata, saya berharap para penggemar blog luar biasa  ini turut memberikan sumbang  saran dan doanya, semoga harapan saya sebagai  calon orang kaya baru bisa menjadi kenyataan melalui program adsense..amiiin..!

## ==== ##
Artikel  yang terkait :
  1. Cara Memulihkan Account Facebook Yang Di Blokir
  2. Cara Membuat atau Menampilkan Teks / Subtittle Pada Film / Video
  3. Cara Menghilangkan Blacklist Smadav
  4. Memutar DVD Tanpa Disk (Fungsi dan Manfaat Iso Maker)
  5. Cara Membuka Casing Pada Laptop Asus Eee PC Series
  6. Cara Mengedit Atau Menyesuaikan Subtittle Pada Film
  7. Cara Menjadikan Ponsel Nexian menjadi Modem
  8. Jangan Lupa Backup Data Anda..!!
  9. Rahasia Menggunakan Google translate
  10. Cara Mudah Memperbaiki Canon MP258 Yang Mati Total (full gambar)
  11. Google Adsense..I’m Coming, Please Take My Hand
  12. Cara Mudah Membongkar Total Printer Canon IP2770
  13. Mengapa Google Adsense Menolak Blog Saya..?
  14. Mengatasi File Download 99,99%
  15. Gagal Mengatasi IDM 99% Lewat Mozilla Firefox
  16. Persyaratan dan Ketentuan AdSense
  17. Cara Mengatasi Mozila Firefox Yang Tidak Bisa Terbuka
  18. Cara Bongkar Hardisk Pada Laptop Axioo
  19. Cara Membuka Casing Hardisk laptop
  20. Mengatasi SD Card Yang Terprotect : Sekedar Pemanis Blog
  21. Cara flashing Tablet Cina Extreme Oxygen
  22. Cara Membuat Icon Emotion di FB
  23. Cara Mudah Membongkar Total Notebook Acer Aspire 4750Z
  24. Puas Menggunakan Modem Smartfren .
  25. Menghilangkan Mode Aman Browser Yang Mengganggu 
  26. Bongkar Laptop Toshiba Satelite XXX
  27. Belajar Bongkar PS 2 
  28. Tips Bongkar Notebook Advan 
  29. Mengatasi Lenovo Yang Nge-blank

2 comments:

  1. Coba baca artikel blog ini gan, http://kata-share.blogspot.com/2014/06/cara-agar-blog-di-terima-google-adsense.html saya aja keapprove, :D

    ReplyDelete

Search