Wednesday, March 6, 2013

Cara Bongkar Hardisk Pada Laptop Axioo

-->Seorang kerabat meminta bantuan untuk menormalkan laptop anak putrinya. Katanya sih  laptopnya tidak ada gambarnya. Saya mengetahui kalo kerabat saya ini buta soal laptop, maka saya tidak bisa menduga-duga maksud dari  kerusakan pada gambar. Akhirnya malam itu saya menyuruh membawa laptop guna di lihat kondisi yang sebenarnya. 
 

Setelah diperiksa, ternyata hanya butuh instal ulang saja..saya pun berjanji bahwa besok laptopnya sudah bisa di pakai lagi...Malam itu juga sambil facebookan, saya mulai mencoba menormalkan laptop standar tersebut.  Tetapi penyakitnya tidak segampang yang terlihat, ternyata  hardisknya sudah tidak bisa mdi ajak kerjasama lagi.  Jangankan untuk merespon perintah format atau hal berat lainnya, terbaca pun tidak bisa kecuali jika melalui bios. 
 
Akhirnya, dengan terpaksa laptop harus dibongkar untuk mengeluarkan hardisk guna menyelamatkan data pada komputer lain. Dan  hardisk memang benar benar sudah sekarat, sebab bukan saja tidak bisa di akses, melainkan malah membuat komputer  yang  digunakan  sebagai alat backup menjadi hang dan tidak merespon sama sekali.  Ini berarti alamat bahwa data data yang ada didalamnya kemungkinan besar tidak bisa terselamatkan.   

 
Sementara menunggu apa kira kira yang terjadi  dengan hardisk tersebut. Apakah  saya bisa mengatasi  atau tidak..?  Ada baiknya  kita tinggalkan dulu teka teki  tersebut hihihi, dan sekarang lebih baik saya menceritakan bagaimana mengeluarkan hardiks  keluaran toshiba  ini dari netbook axio tersebut, sebab inilah tema utama artikel ini hahaha;
Caranya adalah cukup dengan memperhatikan gambar no 3 (lihat tangan imut saya yg memegang obeng). Ada empat konektor yang berderet kesamping, itulah kunci pertama untuk mengeluarkan hardisk.  untuk notebook Axioo,

Untuk mengangkat keyboard tidak perlu membuka baut seperti pada laptop lainnya. Biarpun langkahnya cuma itu saja, keyboard pada notebook ini lebih sulit diangkat bila dibandingkan dengan notebook lain yang biasa menggunakan baut. Sekarang tekan konektor kedalam sambil mencungkil bagian ujung pada keyboard, dan tahan.

Sambil menahan lakukan hal yang sama dengan tiga conektr disampingnya. setelah kempatnya terlepas, angkat pelan pelan keyboard sambil memperhatikan sisi sisi samping yang masih menempel pada body laptop. lagi sekali ini sedikit lebih keras daya rekatnya dibanding dengan laptop yang menggunakan baut.  Dan begitu keyboard terlepas maka hardisk sudah bisa di angka. tapi mohon maaf jika gambar tidak berkualitas, maklumi saja namanya juga artikel paksaan hahahaha

Cuma itu saja, semoga ada manfaatnya..!

1 comment:

Search