Friday, December 6, 2013

Mengatasi Laptop Lenovo Yang Blank

Blank pada pada laptop ataupun pada jenis komputer lainnya lumrah terjadi kapan saja. Tak jarang kita menjumpai kasus laptop yang tiba-tiba blank meski sebelumnya laptop dalam keadaan normal.  Pengertian blank di sini bisa berarti blank karena mati total, Blank karena windows yang tidak muncul,  atau pada kasus notebook Advan yang pernah saya tangani blank terjadi karena  (notebook / hardisk tidak bekerja) namun kipas dan indikator lampu power tetap menyala (baca Tips Bongkar Notebook Advan.)

Dan sama seperti pada notebook Advan sebelumnya, sekilas penyakitnya sama dan mungkin lebih parah jika di lihat dari asal usul ngeblanknya. Jika pada Advan, blanknya terjadi tanpa ada sebab, tapi laptop yang ini (LCD mati) karena terjatuh. Mungkin karena begitu dahsyatnya terjatuh sampai sampai conector usb pada wifi eksternal hancur hehehe. Jadi sekilas jika melihat sebab musabab dan dari olah TKP, seharusnya yang opname adalah Lenovo bukannya Advan. Tapi yang namanya "takdir" tidak mengenal sebab akibat, melainkan berpatokan pada keberuntungan dan kesialan khususnya pada kasus kedua laptop ini hehehe (maaf kalo salah).


Sebelum saya memastikan lebih jauh sumber masalahnya, terlebih dahulu saya memeriksa yang ringan-ringan saja seperti ram dan tentu juga mencoba pada LCD eksternal untuk memastikan apakah VGAnya yang bermasalah atau bukan. Tetapi hasilnya tidak menunjukan perubahan alias laptop alamat akan menyusahkan kantong pemiliknya hehehe. Akhirnya sebelum pamit, sang pemilik dengan lesu meminta untuk memindahkan data-data pada laptop tersebut setelah saya tegaskan bahwa itu laptop tidak bisa selesai hari itu. Sebenarnya sih bukan bukan karena gak bisa kerja hari itu yang membuanya sedih, melainkan harga yang saya tawarkan untuk menormalkan barang tersebut membuatnya sedikit pucat pasi hihihi.

Tetapi sungguh beruntung, analisa saya yang biasanya selalu akurat dan tidak pernah meleset, hari itu terbantahkan karena keberuntungan yang di miliki oleh pelanggan setia saya ini. Setelah saya bongkar untuk memastikan lagi secara tidak sengaja (serius lho secara TIDAK sengaja, bukan bahasa basa basi) mata saya yang awas begitu tertarik dengan wifi internal yang masih terpasang kokoh di slot. Jadi wajarlah saya bilang tidak sengaja melihat, karena memang tidak ada hal yang aneh atau berubah pada posisi wifi tersebut. 

Tetapi secara reflex saya teringat dengan usb wifi yang hancur dan feeling saya mengatakan, "jangan-jangan inilah penyebabnya,". Analisa asbun saya mengatakan, bahwa kerusakannya ada hubungan antara usb wifi dengan wifi internal, karena pada saat terjatuh posisi laptop pada kondisi menyala dengan wifi yang masih aktif. Bahasa gampangnya menurut saya, telah terjadi korsleting pada wifinya. Dan benar saja, begitu saya buka wifi pada slot yang berbaut tersebut, dan dengan sedikit membaca mantra super "Bismillahirahmaanirraahiim" blasss..! Itu layar laptop langsung tersenyum menyala dengan indahnya. 

Dan malamnya, saat konsumen datang dengan membawa hardisk backup, tanpa bisa di sembunyikan lagi, betapa dia terharu tanpa menitikan air mata karena selamat dari pengeluaran tidak terduga. Tapi sebagai manusia yang lemah iman, sebenarnya saya sempat berfikir sebelumnya, bahwa ini adalah kesempatan  meraih keuntungan sebab biaya servisnya sudah deal sebelumnya (mengganti sparepart). Tetapi itulah uniknya diri saya, entah mengapa saat hendak berlaku curang, selalu saja saya teringat judul blog kebanggaan saya ini; Jujur dan Amanah. Dan untuk kesekian kalinya, blog ini mampu membantu saya berlaku jujur dalam mengusir setan setannya hahahaha.


Wifi yang bermasalah itu
Oke bro, jadi intinya, blank yang terjadi pada laptop Lenovo ini bukan karena memory, VGA atau LCD yang rusak karena benturan, melainkan karena Wifi internal yang rada rada ngambek. Bisa jadi karena kaget atau shock akibat kerasnya benturan saat masih aktif  (maaf kalo kurang tepat hehehe). Akhirnya, karena judulnya bukan bongkar pasang, maka untuk artikel kali ini saya tidak perlu menjelaskan tata cara pembongkarannya. Tapi biar begitu, saya adalah orang yang baik hati, maka saya tetap akan menyertakan  gambar eksklusif pembongkaran laptop ini.. Secara umum pembongkaran laptop bisa di lihat dari artikel artikel sebelumnya pada blog ini.

Sekian, semoga bermanfaat..!


## ==== ##
Artikel  yang terkait :
  1. Cara Memulihkan Account Facebook Yang Di Blokir
  2. Cara Membuat atau Menampilkan Teks / Subtittle Pada Film / Video
  3. Cara Menghilangkan Blacklist Smadav
  4. Memutar DVD Tanpa Disk (Fungsi dan Manfaat Iso Maker)
  5. Cara Membuka Casing Pada Laptop Asus Eee PC Series
  6. Cara Mengedit Atau Menyesuaikan Subtittle Pada Film
  7. Cara Menjadikan Ponsel Nexian menjadi Modem
  8. Jangan Lupa Backup Data Anda..!!
  9. Rahasia Menggunakan Google translate
  10. Cara Mudah Memperbaiki Canon MP258 Yang Mati Total (full gambar)
  11. Google Adsense..I’m Coming, Please Take My Hand
  12. Cara Mudah Membongkar Total Printer Canon IP2770
  13. Mengapa Google Adsense Menolak Blog Saya..?
  14. Mengatasi File Download 99,99%
  15. Gagal Mengatasi IDM 99% Lewat Mozilla Firefox
  16. Persyaratan dan Ketentuan AdSense
  17. Cara Mengatasi Mozila Firefox Yang Tidak Bisa Terbuka
  18. Cara Bongkar Hardisk Pada Laptop Axioo
  19. Cara Membuka Casing Hardisk laptop
  20. Mengatasi SD Card Yang Terprotect : Sekedar Pemanis Blog
  21. Cara flashing Tablet Cina Extreme Oxygen
  22. Cara Membuat Icon Emotion di FB
  23. Cara Mudah Membongkar Total Notebook Acer Aspire 4750Z
  24. Puas Menggunakan Modem Smartfren .
  25. Menghilangkan Mode Aman Browser Yang Mengganggu 
  26. Bongkar Laptop Toshiba Satelite XXX
  27. Belajar Bongkar PS 2 
  28. Tips Bongkar Notebook Advan 
  29. Mengatasi Lenovo Yang Nge-blank

12 comments:

  1. AMAZING,,,

    itulah yg dinamakan NAMA ADALAH SEBUAH DOA,,,
    jd dgn smua nama yg bagus(bagus arti bkn panggilan)maka dgn nama tersebut perilaku yg akan kita kerjakan bs dgn sendirinya terbw apa dr arti nama tersebut,,insyaAllah,,

    itulah bro,,alasan mengapa sy menjd subscriber bro,selain sy jg org yg jujur,sy suka sekali dgn kejujuran2 bro di blog ga jelas seperti ini,,hehehe,,

    ok bro,,tetap pertahankan kejujuran bro,dan tetap slalu berbagi ilmu,,
    GOOD LUCK,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi terharu membaca komentar ibu rindiani Slam, mak cik dari jiran ya? terimakasih atas doanya hehehe...Aamiin..!

      Delete
  2. assalammualaikum omar dhani, saya mau nanya laptop saya mengeluarkan bunyi di bagian sebelah kiri, dan mengelurkan bau tidak sedap, dan akhirnya pun lenovo saya ngeblank, untuk mengembalikan seperti semula harus menekan tombol on sampai layar mati, dan menghidupkannnya seperti biasa, kira2 apa masalah lenovo saya ? sekian terima kasihn
    wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh bro wawan, terimakasih sebelumnya atas atensinya. kerusakan semacam tersebut utk mengetahuik penyebab pastinya mesti dibongkar bro. apakah bunyi itu ada hubungannya dengan bau tsb? kalo bau tidak sedapnya sedapnya seperti ada yang angus itu mesti dibawa kebengkel saja utk pergantian komponen yang terbakar tsb. bisa jadi ngeblanknya karena karena vga yg terbakar.., sorry bro saya hanya bisa memperkirakansepertinya lenovo anda rusak pada hardwarenya dan penangannya cuma di bengkel saja hehehe.

      Delete
  3. mantap mas.. patut di tiru,,, wah artikel lama,, baru kebaca heheh,, thanks bermanfaat bgt nambah pengetahuan

    ReplyDelete
  4. mas numpang nanya.laptop sy lenovo g40 64 bit.skrg g bisa ke pake gara2 wktu loading lama,tnpa pkir pnjang lngsung aja sy cabut batrei.nah pas mau d idupin malah abis muncul logo cuman hitam doang d layar,mohon solusinya

    ReplyDelete
  5. Mas tolong infonya,saya punya laptop lenovo g405, ada problem ketika d start tdk bisa on langsung, hanya bunyi beep panjang dan lampu power hidup, lampu sebelah camera jg hidup, itu solusinya bagaimana ya?

    ReplyDelete
  6. Masbro Lenovo G 40 70 saya monitor ngeblank, mesin dan hardisk normal, saya cek pakai monitor external lewa colokan vga on board-nya normal. Kira2 apanya ya? Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  7. alhamdulilah sangat membantu gan ... trims ....

    ReplyDelete

Search