Monday, July 15, 2013

Merubah Lebar Kolom Pada Template

Setelah kita belajar cara menambah kolom atau elemen, kali ini kita akan menulis lagi topik lanjutannya yakni bagaimana merubah lebar kolom. Biar tidak membingungkan para bloger pemula, saya akan mengambil contoh dari blog ini saja untuk mempermudah belajarnya..

 Jika di perhatikan blog ini memiliki tiga elemen utama, yakni sidebar kiri yang berisi iklan, kolom tengah tempat postingan dan sidebar kanan yang berisi info tentang blog, seperti jumlah pengunjung, kategori posting, entri populer dan lain sebagainya. Awalnya blog ini hanya memiliki sidebar kanan saja dan itu tidak mesti di ubah lagi karena selama kita mengisi sidebar dengan tema intern (dari blogger sendiri) secara depault aturan posisinya sudah pas. Yang bermasalah adalah ketika kita mau memasang sesuatu dari luar blogger semisal iklan, maka ukuran iklan yang berbentuk gambar atau teks kadang tidak sama dengan lebar side bar yang ada. Akibatnya antara iklan dengan postingan saling tumpang tindih dan ini tentunya bisa merusak ke asrian blog yang membuat para pembaca jadi tersenyum hihihi.

Tapi timbul pertanyaan mengapa hanya lebar saja yg di ributkan, kok tidak ada kata panjang dan tinggi..?  jawabannya cari saja sendiri hehehe.

Dan di bawah ini adalah cara merubah lebar kolom pada template, dan perlu di ketahui bahwa artikel ini sebenarnya bisa saja di gandeng dg tutorial sebelumnya yakni cara Menambah kolom pada template  karena langkah2nya sama saja, bedanya cuma satu senti saja hehehe. tapi karena saya adalah type orang yang gak ada kerjaan, maka maklumi saja jika saya menjadikan sebagai artikel terpisah hihihi :
  1. Masuk ke dashboard  
  2. Pilih template lalu 
  3. Klik sesuaikan dan   
  4. Klik sesuaikan lebar, maka akan muncul pilihan untuk merubah lebar tampilan : secara Keseluruhan, Bilah pinggir kiri atau Bilah pinggir kanan.
  5. Silahkan di praktikan satu persatu dg cara di geser ke kiri dan kekanan, dan lihat apakah sudah pas jarak antara isi side bar dg teks posting yg berada di tengahnya. jadi tujuan pelebaran/perubahan hanya untuk menyesuaikan antara posting dengan tema pada side bar yang kita pasang agar tidak tumpang tindih.  .


Judul pokok bahasan : # Cara Memperindah Blog Bagi Pemula#

Artikel lain  dengan sub judul  terkait :

1. Membuat statistik pengunjung (Visitors)
2. Membuat Label / kategori Judul
3. Membuat Daftar Isi Pada Blog
4. Membuat Post Popular
5. Membuat Arsip Blog
6. Membuat Header Halaman (tampilan judul dan deskripsi blog)
7. Membuat Polling di Blog
8. Membuat Musik Pengiring Untuk Blog
9. Membuat Animasi alam pada Blog
10. Cara mengganti template
11. Membuat Polling di Blog
12. Merubah Lebar kolom template 
13.  Menambah kolom pada template
13. Cara Membuat Laman Privacy Policy
14. Membuat Laman Contact Us
15. Cara Membuat Site Disclimer


No comments:

Post a Comment

Search