Monday, July 15, 2013

Cara Mengganti Template Blog



Mengganti template pada blog bukan sesuatu yang sulit, tapi bagi bloger yang masih pemula bisa jadi ini adalah pekerjaan besar baginya. Disamping karena baru mengenal blog,  interface blog yang terasa asing atau mungkin juga kadang karena kita sebenarnya tidak mengerti yang namanya template.

Latar, tata letak, warna, font, dan elemen lainnya yang terlihat pada design blog atau website inilah yg di sebut template. Jika di ibaratkan template itu seperti sebuah design /arsitektur pada rumah dengan segala segala atribut di dalamnya yang di atur atau di letakkan sesuai dengan keinginan pemiliknya.

Secara default blogger sudah memberikan template yang standar dan langsung bisa dipakai, tapi karena kebutuhan seorang bloger yang aktif, kadangkala pengaturan tata letak elemen-elemen pada blog harus di tambah, dikurangi, atau mungkin di ubah ukurannya. Tapi bagi blogger yang hanya menjadikan blog-nya hanya sekedar  menitip tulisan (copas karya orang), rasanya settingan default dari blogger sudah lebih dari cukup hihihi.  Dan  berhubung artikel ini saya tujukan bagi pemula, ada baiknya saya perjelas sedikit tentang istilah “blogger” biar tidak bingung saat membaca sebuah artikel.

Ada dua pengertian yang bisa di tangkap dari kata blogger, pertama blogger sebagai seorang pemilik blog, dan blogger sebagai sebuah web tempat para bloger bernaung (blogger.com dan blogspot.com). Dulu saya sempat bingung dengan tulisan para bloger jika artkelnya berhubungan dengan blogger hihihi. Bingung kan maksud saya..? kalian tidak tau apakah saya sedang membicarakan para bloger atau blogger itu sendiri (blogger.com dan Blogspot.com). Mungkin awalnya ini agak membingungkan tapi jika sudah mengerti tentunya tidak akan bingung lagi hehehe

Naah setelah mengerti tentang pemakaian kata blogger, kita lanjutkan lagi topiknya yakni tentang mengganti Template. Disamping blogger sudah menyediakan template yang bagus dan indah, tapi agar terlihat lebih gaul lagi tentang blog, kadang para bloger lebih suka menggunakan template luar. So itu bukan masalah karena bisa menambah ilmu dan pengalaman. Dan satu lagi memang kelebihan menggunakan template luar adalah banyaknya pilihan sehingga potensi “blog kembar” sulit terjadi hehehe. Tapi sebaiknya pemilihan template untuk bloger pemula tampilannya di sesuaikan dengan kebutuhan saja agar tidak pusing-pusing. Takutnya jika pusing memikirkan template, bloger pemula lupa menulis isi blog, ini yang repot..!

Mengganti template blog tidaklah sulit, namun ada beberapa hal yang harus di perhatikan sebelum mengganti. Penggantian template akan merubah setting blog pada umumnya dan di kuatirkan akan ada ketidak sesuaian antara blog dengan tema tema yang sudah kita gunakan dalam memperindah blog sebelumnya. Misalnya efek bintang berjatuhan pada template malam (alam)  tidak akan berguna jika pemilihan template baru menggunakan tema bisnis (template profesional), Ataupun seperti yang saya tulis pada pembahasan sebelumnya Membuat Animasi Alam Pada Blog, tentunya akan lucu jika pada template sebelumnya ada efek salju,  kemudian karena ganti template blog akhirnya salju di paksa turun pada musim panas hehehe. 

Hal-hal seperti inilah yang perlu di perhatikan sebelum mengganti template, dan tentunya juga tidak melupakan hal penting lainnya, seperti keberadaan gambar-gambar iklan yang harus juga disesuaikan dengan tema template, begitu juga dengan ukuran lebar kolom template yang mungkin akan berubah.


Oke bro pemula, tidak baik rasanya jika saya memperpanjang-panjang sesuatu yang sebenarnya tidak panjang, langsung saja hehehe

Cara Mengganti Template Blog di Blogger
  1. Masuk Dashboard tentunya dengan Login di akun Blogger
  2. Pada pilihan tool di sebelah kiri pilih Template 
  3. Lihat dan klik template yang di rasa cocok, apakah tema sederhana, Perjalanan, Alam dan sebagainya.
  4. Setelah itu, akan muncul semacam preview tampilan guna memastikan apakah bloger yakin dengan pergantian tersebut? Pilih opsi "Sesuaikan" ->  "Terapkan"  jika bro ingin tetap menggunakan setting template sebelumnya, dan pilih "terapkan" langsung jika ingin  kembali ke setting awal bloger
Semoga bermanfaat..!


Judul pokok bahasan : # Cara Memperindah Blog Bagi Pemula#

Artikel lain  dengan sub judul  terkait :

1. Membuat statistik pengunjung (Visitors)
2. Membuat Label / kategori Judul
3. Membuat Daftar Isi Pada Blog
4. Membuat Post Popular
5. Membuat Arsip Blog
6. Membuat Header Halaman (tampilan judul dan deskripsi blog)
7. Membuat Polling di Blog
8. Membuat Musik Pengiring Untuk Blog
9. Membuat Animasi alam pada Blog
10. Cara mengganti template
11. Menambah kolom pada template
12. Merubah Lebar kolom template
13. Cara Membuat Laman Privacy Policy
14. Membuat Laman Contact Us
15. Cara Membuat Site Disclimer

3 comments:

  1. wahhh....thanks bro artikel nya,,
    sangat bermanfaat buat sy sbagai pemula pengguna blogger,,,hehehe,,,

    nama blogger sm user aj sy bld ngerti,,,hehe,,

    satu lg,,,mau tanya bro,,,,(maklum pemula)cara mengganti nama blogger atau user bs ga?gmn?artikel diatas kayanya ga ada dech...hehe...
    thanks a lot,,,

    ReplyDelete
  2. sebelumnya saya ucapkan terimakasih dulu atas kesediaannya berkunjung ke blog ini (anda tidak tersesat kan?), sebelum saya memberikan jawabannya, saya akan mencoba dulu mengganti user name dan blog saya agar jawabannya tidak salah..oke di tunggu ya..?

    ReplyDelete
  3. terimasih banyak gan. info nya sangat membantu

    ReplyDelete

Search