Monday, July 15, 2013

Menambah Kolom Pada Template

Jika tidak berlebihan, menurut saya tutorial yang satu ini levelnya setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan tuturial sebelumnya. Bukan ingin membandingkan para bloger, tapi jika seorang bloger sudah merasa membutuhkan tutorial semacam ini, bisa di pastikan dia adalah seorang bloger yang serius dan peduli dengan blog yang di kelolanya. 

Seorang bloger aktif  yang karena suatu dan lain hal biasanya merasa perlu untuk menambah kolom atau kamar kamar pada template blognya. Saya menyebut kolom hanya untuk mempermudah pemahaman saja karena mungkin yang lain menyebut hal yang sama dengan istilah “elemen”.

Pada blogger (template blog), ada beberapa fitur yang bisa kita sebut sebagai kolom (elemen), misalnya kolom Header, kolom Footer . Dan ada lagi kolom yang paling sering untuk kita akses yaitu yang di sebut kolom utama (tempat menyimpan postingan) dan kolom sidebar tempat aksesoris dan tool blog. Kedua kolom yang saya sebut terakhir bisa di sebut sebagai bagian dari kolom yang di sebut Kolom Outer. Tapi saya rasa kita tidak perlu repot dan pusing untuk mengerti teori semacam ini, karena bagi pemula ini adalah sesuatu yang sangat menyiksa batin, dengan kata lain lebih baik bloger pemula langsung melihat contoh dan praktiknya hehehe
Jadi jika kalian pernah membaca tutorial semacam dibawah ini, maka ini juga salah satu contoh bagaimana cara menambah kolom atau ruang pada blog khususnya pada sidebar.

Dengan membuat  laman navigasi blog di atas sebenarnya kita sudah menambah kolom atau elemen. Namun karena bentuk dan sifat penggunaanya dari ke 5 contoh diatas yang umum dan wajib, maka tutorial sejenis ini biasanya ada pada “bab” terpisah hehehe. Disini saya lebih menekan kan pada hal menambah kolom “induk”. Sebab laman navigasi di atas bisa dikatakan sebagai anak kolom pada sidebar, lebih jelasnya lagi kita akan membuat bagaimana cara  menambah sidebar yang baru lagi (mudahan tidak bingung hihihi).

Sebagai contoh, awalnya blog ini hanya memiliki sidebar satu yakni yang berada pada sebelah kanan saja, tapi seiring dengan perjalanan waktu dimana blog ini saya rasa semakin menarik perhatian orang, tidak terkecuali bloger sendiri (saya membuktikan banyak sekali  postingan di blog ini yg di copas mentah, bahkan di satu blog saya menjumpai sebuah blog memborong 4 postingan sekaligus. Dan hebatnya ada sebuah postingan dari blog ini yang nangkring pada web profesional dan berbayar lagi, tidak sombong lho tetapi sebagai seorang yang ketumbenan menulis dan kebetulan lemah iman saya sangat bangga hahahaha)

Nah karena alasan seperti itulah naluri bisnis saya spontan muncul (meskipun hasilnya sampai sekarang belum juga terlihat hihihi), dan akhirnya saya menambah side bar pada sebelah kiri khusus untuk pemasang iklan. Konsekwensinya kolom untuk postingan sedikit di persempit karena di bagi dengan sidebar iklan.  Dan cara pengaturan lebar kolom sudah saya persiapkan pada artikel selanjutnya yang berjudul  Merubah Lebar kolom template.

Dan seperti biasa setelah saya puas berputar-putar layaknya gasing, kini langsung saja  kita memulai praktek bagaimana cara menambah “kolom induk/format tambahan” pada blog.

  1. Masuk ke dashboard  dan 
  2. pilih template klik sesuaikan dan   
  3. klik tata letak, maka akan muncul pilihan template yang sesuai  dengan jumlah kolom atau kamar yang kita butuhkan.  (Jadi sebenarnya cara menambah kolom sangat mudah, hanya mengganti format tampilan template saja hehhee)
Sekian semoga bermanfaat..!


No comments:

Post a Comment

Search