Monday, July 15, 2013

Cara Membuat Site Disclimer


Laman pemanis blog terakhir yang akan kita bahas untuk menambah keren blog sobat adalah laman Site Disclaimer. Mungkin perlu saya terangkan sedikit bahwa penggunaan kata “laman” di sini karena berhubungan tempat kita meletakan entri tersebut.  Jadi jika artikel biasanya di tempatkan/di tulis pada kolom post, maka  untuk  pemanis blog yang kita bahas  ini biasanya (harus) di tempatkan pada kolomk laman agar tetap terlihat pada interface blog hehehe. Biar saya tidak bingung menjelaskan, silahkan di lihat contoh letak tulisan yang di buat pada kolom laman seperti, Privacy Policy, Contact Us, Site Disclaimer dan 9 Tata Tertib Blog Ini hehehe

Site Disclaimer menurut kawan kawan yang saya temui di Google mengartikan sebagai sebuah aturan dan peraturan dari sebuah halaman. Ngomong-ngomong beda ya antara Laman dan halaman? Tujuan aslinya sih sebagai informasi yang harus di ketahui para pengunjung atau pembaca sebuah blog agar mengikuti aturan main pemilik blog. Entah itu berupa komentar, upload, share dan lain sebagainya.  Intinya agar sama sama saling menghargai dah apakah itu antara pemilik dengan pengunjung, atau antara pengunjung dengan pengunjung lainnya 

Begitulah Site Disclaimer, karena kebanyakan menggunakan bahasa Inggris jadi kita semua kadang tidak mengerti maksud dan tujuannya. Yang anehnya lagi pemilik blog sendiri (seperti saya) sebenarnya gak faham itu Site Disclaimer kecuali untuk syarat Google Adsense dan sekedar ingin terlihat gagah-gagahan saja. Jujur lho saya baru memahami sedikit tentang laman ini saat saya menulis tentang artikel ini hahaha.  Jadi benarlah kata guru bahasa SMP saya dahulu, bahwa orang yang membaca dengan yang menulis itu berbeda dalam kecepatan memahami sebuah hal. Dengan membaca mungkin hanya mengetahui sebatas tahu saja, tapi dengan menulis kita bisa memahaminya .  Dan guru matematika SD saya juga pernah mengatakan  rumus itu jangan di hapal melainkan di pahami. Dan cara memahani hanya dengan menulis (baca berlatih) .  Tapi sayang, semua pesan itu saya benarkan ketika semuanya sudah terlambat hehehe.

Okeh bro, kini saatnya kita memasang Site Disclaimer pada blog masing-masing supaya ada kedamaian di dunia maya ini. Seperti pada pembuatan laman-laman bergengsi sebelumnya, maka pembuatan laman untuk Site Disclaimer ini juga bisa menggunakan jasa pihak ketiga yang banyak bertebaran di internet . Tapi karena artikel ini memang saya khususkan untuk para pemula, maka dengan kearifan hati saya sengaja memilih  website Generator” agar brother semua tidak pusing-pusing membuatnya. Cukup dengan sekali klik, Site Disclaimer blog brother akan langsung tercipta.

Caranya yakni;
  1.  masuk ke alamat ini
  2. Isi data brother sesuai dengan perintah disana, seperti nama situs, nama perusahaan, nama negara dan alamat email brother, (contohnya lihat pada gambar di atas)
  3. Klik tulisan My Make my Disclaimer dan 
  4. setelah selesai, isinya tinggal di copas untuk di jadikan artikel pada blog, namun harus di tempatkan di kolom Laman buka pada kolom posting biasanya. 

Sekian dan semoga bermanfaat..!! 




Judul pokok bahasan : #Cara Memperindah Blog Bagi Pemula#

artikel  dengan sub judul  terkait :

1. Membuat statistik pengunjung (Visitors)
2. Membuat Label / kategori Judul
3. Membuat Daftar Isi Pada Blog
4. Membuat Post Popular
5. Membuat Arsip Blog
6. Membuat Header Halaman (tampilan judul dan deskripsi blog)
7. Membuat Polling di Blog
8. Membuat Musik Pengiring Untuk Blog
9. Membuat Animasi alam pada Blog
10. Cara mengganti template
11. Menambah kolom pada template
12. Merubah Lebar kolom template
13. Cara Membuat Laman Privacy Policy
14. Membuat Laman Contact Us
15. Cara Membuat Site Disclimer

No comments:

Post a Comment

Search