Monday, July 15, 2013

Membuat Laman Contact Us


Selama saya bergelut dengan blog, sampai saat ini saya tidak pernah tahu apakah ada yang menghubungi saya dari laman Contact Us yang saya sediakan. Dan rasanya juga tidak perlu memeriksa email dan “kotak surat” lainnya yang berhubungan dengan aktifitas Contakt Us karena itu tadi saya pesimis ada yang mau ribet berhubungan lewat laman tersebut. Naah pada kesempatan yang indah ini, saya ingin menyampaikan jika ada penggemar blog  yang tertarik untuk berurusan dengan saya, silahkan sampaikan saja  lewat kolom komentar di blog ini saja hehehe

Membuat Formulir Contact Us dalam bahasa bekennya berarti “Hubungi Kami” atau dalam bahasa keren lainnya bisa di tulis dengan “Email Me” adalah undangan khusus pemilik blog atau penulis kepada para pembaca yang ingin berkomunikasi secara khusus dan pribadi dengan tujuan-tujuan tertentu (positif tentunya hehehe).  Tapi seperti yang saya tulis diatas, kayaknya seseorang seperti saya dengan blog aneh yang saya miliki ini kayaknya gak ada dah yang mau repot-repot berinteraksi apalagi pakai interaksi empat mata segala hihihi. Maka tidaklah salah jika jauh hari saya sudah memvonis bahwa laman Kontact Us juga salah satu sebagai laman pemanis blog disamping dua laman yang saya sebut yakni laman “Privacy Policy” dan laman “ Site Disclaimer”.

Tapi disamping sifat dan tujuannya yang hanya sebagai pemanis blog, dalam kondisi tertentu laman pemanis blog ini bisa menjadi sangat penting karena konon katanya itu adalah syarat formal untuk bisa mendaftarkan blog atau web yang kita miliki bisa di terima oleh pihak Google (program adsense-nya Google). Maka mau tidak mau, untuk blog yang memiliki potensi di terima oleh pihak Google harus menyertakan laman tersebut pada blognya. Tapi sebaliknya web atau blog alakadar seperti ini manfaatnya tidak lebih hanya sebagai hiasan saja meskipun tujuan awal pembuatan laman “bergengsi” tersebut memang untuk persyaratan komersil (Google Adsense).

Jadi untuk model-model kita yang masih belajar, tentunya akan sangat menguras waktu dan pikiran jika memaksa diri membuat secara “normal” laman mewah ini. sebab membuat satu buah artikel singkat saja susahnya minta ampun, apalagi membuat hal sulit yang manfaatnya sendiri kita tidak tahu. Jadi maksud saya adalah kita akan membuat laman ini melalui jasa pihak ketiga sehingga kita bisa lebih fokus pada hal penting bloger yakni membuat artikel sebanyak banyaknya. Dan hal yang harus di ingat oleh seorang bloger pemula angan terlalu memikirkan apakah tulisan kita berkualitas atau tidak, yang penting tulis saja.

Jadi itulah mungkin sebabnya pembuatan formulir Kontact Us bertingkat tingkat, mulai dari yang paliiiiing gampang sampai yang paliiiiing sulit, tergantung kemampuan dari masing-masing bloger. Ada beberapa jasa layanan yang bisa dipakai untuk membantu bloger membuat Laman Kontact Us seperti. freecontactform.com foxyform.com, emailmeform.com, contactr.com, dan lain sebagainya. Dan dengan alasan-alasan tertentu untuk tutorial ini, kita akan coba menggunakan foxyform.com guna membuat laman Kontact Us.

Langkah pertama buka www.foxyform.com

Ada beberapa menu yang akan kita jumpai dan kita hanya tinggal klik dan klik saja hehehe...

1. Menu Pengaturan
 
Silahkan di centang pilihan untuk di tampilkan dalam formulir nantinya, seperti title, name, email, subject, First Name, street, ZIP + town, Phone dan Website.

2. Menu pengaturan tingkat lanjut
 
Pengaturan background, warna, jenis dan ukuran hurup ada pada pilihan ini, silahkan di coba satu persatu

3. Target e-mail address
 
Masukan alamat email aktif brother yang di jadikan alamat untuk di hubungi, siapa tahu yang menghubungi membawa rezeki nomplok hehehe

4. Preview (Pratinjau)
 
Sepertinya kalo yang ini gak perlu di jelaskan hihihi

5. Create Formular / Buat Formulir
 
Sebelum mengklik tombol “create formulir” kita harus mengisi dua kata unik sebagai syarat prosedur anti spam, dan baru setelah itu klik tombol  Create Formular , dan brother akan mendapatkan kode HTML untuk di copy dan paste pada blog (entri baru, saya sarankan pada laman bukan pada postingan biasa hehehe)

6. Mendapatkan kode HTML/Javascript
     
ini model kode HTML yg harus di copas tersebut. Dan untuk copas di laman blog saya yakin brother dah paham mekanisme nya, saya hanya mengingatkan saja jika pada postingan biasa pengaturan secara depault pada posisi Compose, maka khusus utk laman ini, brother harus mengklik HTML yang berada di samping kanan tulisan Compose hehehe


1 comment:

  1. bro aku suka sekali dengan blog mu. satu persatu aku baca dan praktekin tips #blog untuk pemula. baca tutorialmu sambil ketawa tawa karena tulisannya lucu jadi enggak frustasi waktu bikin blognya. thanks bro

    ReplyDelete

Search