Monday, July 15, 2013

Cara Membuat Label / Kategori Judul Pada Blog

Tujuan pengelompokan judul dengan sebutan label atau kategori agar para pengunjung mudah dalam menemukan artikel yang di carinya. sedikit berbeda dengan fungsi arsif blog yang menampilkan daftar artikel dengan mengelompokan berdasarkan waktu pembuatan (tahun atau bulan). Maka sesuai dengan namanya label atau kategori, tentunya artikel-artikel di kelompokkan berdasarkan kesamaan tema yang di usung. Misalnya pada blog ini, artikel artikel bebas yang tidak tentu arah dan maksudnya saya sekap kedalam kelompok "Corat-Coret", sedangkan utk tema hiburan dengan seni tingkat tinggi saya persilahkan kalian masuk ke istana "Saur Sepuh Dalam Kenangan" dan sebagainya.

Di sisi lain dengan  mengelompokan semacam ini, para bloger biasanya terpacu untuk menulis lebih banyak lagi guna menyeimbangkan label yang satu dengan yang lainnya. Mungkin ini agak berlebihan, tapi setiap saya melihat artikel pada label tertentu kalah jauh kuantitasbnya dengan label lainnya, maka saya berusaha untuk memperbanyak artikel pada label yang terlihat minim meskipun mungkin tulisan yang saya hasilkan akhirnya terkesan pemaksaan hehehe

Langkah pembuatannya adalah sebagai berikut ;
  1. Masuk ke dashboard, pilih desain
  2. Klik pilihan "Tata Letak" dan lihat tulisan " Tambahkan Gadget" pada beberapa tempat yg berbeda
  3. Klik salah satu tulisan tambahkan gadget tersebut sesuai dengan tempat yg di inginkan, (misalnya dalam blog ini saya pilih pada bagian pojok kanan no2 atas)
  4. Konfigurasi pengaturan label dengan mengisi kolom judul, dan lain sebagainya
  5. Simpan sebelum di tutup

3 comments:

  1. wahhh.... terimakasih banget ya tutorialnya membantu skali.. btw itu kan saya masih coba step no 2, itu kategori isinya itu cara nambahinnya(tulisan : internet & komputer, blog untuk pemula dll) gmn ya??

    terimakasih

    ReplyDelete
  2. Trim atas ilmu yang bermanfaat bagiku dan yang lainnya.....

    ReplyDelete

Search