Monday, July 15, 2013

Cara Memainkan Mp3 Auto pada Blog (musik pengiring blog)

Konon agar pengunjung  betah berlama-lama di sebuah blog, maka pemilik blog harus menyambut dengan ramah tamah kedatangan tamu tersebut. Berbagai cara penyambutan bisa dilakukan oleh pemilik blog. Ada yang menyambut dengan ucapan (tulisan) Selamat Datang, dan tidak jarang ada juga yang menyambut dengan iringan musik/ lagu layaknya upacara penyambutan tamu negara.  Begitulah hampir semua blog yang memajang tutorial yang sama (seperti judul bahasan ini), selalu memiliki tujuan yang juga sama katanya, yakni untuk memanjakan pengunjung, lain tidak.

Tujuan yang terlihat mulia dan patut di apresiasi, tapi sayangnya blog-blog besar yang jelas-jelas berkualitas dan terbukti bermanfaat  tidak ada saya jumpai repot-repot memasang lagu penghibur pada blog mereka. Begitupun saat saya menemukan blog yang menyediakan hiburan lagu, tidak pernah hal itu membuat saya merasa terhibur, kemungkinan untuk merasa terganggu mungkin ya. Bagamanapun juga selera saya untuk yang satu ini memiliki ciri khas yang berbeda dari orang kebanyakan.

Itulah sebabnya, saat saya mencoba sendiri untuk memajang lagu pengiring pada blog ini, pilihan lagu cendrung jenis kesukaan saya. Semakin membuktikan bahwa sebenarnya pemasangan lagu bukan untuk para pengunjung melainkan untuk kepuasan tuan rumah sendiri.Apalagi bila menyadari kebiasaan pencinta musik sebelum browsing adalah membuka multimedia, apakah itu winamp atau yang lainnya. Tentunya ini berpotensi untuk terjadinya perang musik yang membuat pengunjung  malah tidak nyaman hehehe.

Lagi sekali, khusus untuk layanan yang satu ini, tujuannya lebih banyak untuk kepentingan pemilik blog sebenarnya, apakah untuk di nikmati sendiri, sebagai pemanis blog,  atau hanya untuk sekedar gagah-gagahan saja hehehe.

Jika tertarik memiliki blog dengan lagu pengiring autonya, silahkan ikuti cara -cara di bawah ini;
  1. Masuk ke Dashboard, pilih Desain
  2. Klik pilihan "Tata Letak" dan lihat tulisan " Tambahkan Gadget" pada beberapa tempat yg berbeda
  3.  Klik salah satu tulisan tambahkan gadget tersebut sesuai dengan tempat yg di inginkan, (bagusnya di letakan di tempat tersembunyi, paling bawah misalnya.
  4. Pilih HTML / Javascript.
  5. masukan (paste) kode musik yang bisa kalian cari di divine music
  6. simpan dan keluar.
Selanjutnya cara mendapatkan kode lagu 
  1. Masuk ke alamat ini divine music dan klik Browse All pada bagian atas 
  2. Lihat tulisan Browse Artists Alphabetically, pencarian berdasarkan hurup awal penyanyi, silahkan di pilih.
  3. kemudian  pilih nama artis dan diklik
  4. selanjutnya akan keluar kolom yang berisi kode, biar tidak bingung copy saja semua dan paste pada tempat yg sudah di siapkan (point 5 di atas)

3 comments:

  1. kayanya emang cm buat ga konsen bc aj dech,krn seperti dijelaskan diatas,,penyuguhan lagu disediakan,tp identik dgn selera si pemilik blog tersbut,,,seperti contoh,pemilik blog menyuguhkan lagu2 berbau metal n rame,,,tp pembaca ANTI krn aliran musik pembaca suka lagu2 berbau mellow n romantis,,,(seperti komentator ini)hehe,,,
    tp bagus lho artikel nya,,,buat tmbh2 wawasan blogger pemula seperti sy,,,hehehe,,,

    ReplyDelete
  2. hahaha ternyata ada tamu rupanya, sorry baru bisa lihat blog ini lagi hihihi...siiip saya sependapat dengan sister Rindiani..terimakasih ya atas kunjungannya hehehe

    ReplyDelete
  3. Sangat bermanfaat bagi saya pemula. terima kasih :)

    ReplyDelete

Search