Sunday, February 9, 2014

Mengatasi Judul Game Yang Tidak Keluar Pada PS2

NA yg masih menempel
Pada permasalahan PS2 sebelumnya, saya pernah menulis tentang kegagalan saya mengatasi mesin PS2 yang mati total. Dan seperti yang saya tulis juga sebelumnya, untuk masalah PS2 ini saya benar benar dari nol. Tapi keinginan yang kuat untuk sedikit memahaminya (tidak perlu menjadi ahlinya) membuat saya tekun untuk mempelajarinya. Bahkan tidak jarang untuk sekedar eksprimen kecil  saya mesti mengeluarkan dana ratusan juta dolar, dan itu tanpa sepengetahuan pemiliknya lho. Pemiliknya cuma tahu yang penting PS2-nya normal kembali, dan masalah penghamburan dana bukan urusannya. Bagi saya pun, itu juga bukan masalah, yang penting ada media untuk menyibukan diri dengan hal-hal yang manfaatnya riil  daripada sibuk memperhatikan orang lain yang tidak jelas hahahaha.



Hardisk yg terpasang di NA
Sekedar informasi, artikel ini bisa dikatakan sebagai sambungan artikel sebelumnya yang membahas masalah yang sama (baca juga : Membongkar PS2;) Jadi ceritanya, selang beberapa hari kemudian, orang yang sama kembali mendatangi saya guna menitipkan PS2 lainnya untuk diperiksa lagi. Ternyata kegagalan saya pada pertemuan pertama tidak membuat kepercayaannya menjadi luntur. Sugesti iklan "Kesan Pertama begitu menggoda" tidak berpengaruh pada dirinya. Kesan tetaplah kesan dan itu bukan kenyataan, begitu mungkin pikirannya. Pucuk dicita ulam pun tiba, ternyata PS yang dibawa pun tidaklah separah yang pertama, dengan begitu saya memiliki kesempatan untuk menebar pesona kali ini. Tentunya ini lebih bergengsi daripada menebar sesuatu yang tidak bergengsi hehehe.

Penampakan NA bagian dalam
Setelah saya periksa ternyata PS-nya bermasalah pada list judul game yang tidak tampil, yang nongol hanya tulisan MATRIX belaka. Dan setelah mengintip tulisan teman-teman saya yang gaul di internet, maka dengan yakin saya menyimpulkan bahwa penyebabnya adalah hardisk yang tidak terbaca. Solusi  paling gampang yang bisa terapkan pada kasus semacam ini adalah dengan memeriksa NA PS-nya. Meski begitu, karena masih awam dibidang ini, maka cara yang paling praktis adalah dengan metode Trial and Error alias meminjam PS2 kawan yang normal sebagai bahan percobaan. Dan hasilnya memang menunjukan bahwa NA seratus persen penyebab tidak tampilnya list Game pada PS tesebut.



Kabel Flexible yg rusak
Terlalu mudah untuk saya yang dikenal jujur ini memintanya mengganti NA tersebut. Tetapi saya ingat, misi saya kali ini (sekali lagi) lebih banyak unsur tebar pesona ketimbang bisnis apalagi berbagi. Tentunya pilihan mengganti NA bukan keputusan yang bijak. Oleh karena itu dengan semangat keilmuan yang saya miliki, saya membongkar NA tersebut dan mengeluarkan segala sparepart yang ada didalamnya. Hasilnya tidak sia-sia, ternyata ada bagian sparepart (kabel data) yang saya curigai karena terlihat lusuh dan kumal. Setelah kontak sana kontak sini, saya menemukan sparepart tersebut dan di ujung cerita hebat ini, untuk kesekian kalinya saya berhasil menjadi orang yang bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan (yang tidak membutuhkan tidak bermanfaat hihihi)

Oke, kesimpulannya bro (untuk yang masih belajar lho seperti saya hehehe), salah satu solusi yang bisa dicoba untuk mengatasi permasalah "blank" pada ps2 adalah dengan cara mengganti atau memperbaiki NA yang merupakan "jembatan" antara hardisk dengan mesin PS2. Demikian cerita seru saya, semoga bisa dipahami dan bermanfaat !

Selanjutnya adalah : Alternatif Lain Pengganti NA dan/atau Hardisk Untuk PS2

13 comments:

  1. Sebelumnya saya mau tertawa dl,,hahahahahaha,,,

    artikel diaatas tepatnya diberi judul,"dongeng sebelum tidur"
    dr permasalahan budget yg ratusan juta dolar,metode trial and error sampai tebar pesona,,bro cocok nya jd "salesman"hihihi,,,

    but,,,dont worry,,bro hebat koq,,slain membagi ilmu,bro jg bs menyenangkan hati org lain dgn membaca bualan2 bro di artikel ini,,hehehe,,

    thanks bro,,

    ReplyDelete
  2. fifty-fifty, 50% bualan dan 50% fiktif hahahaha..., meski bualan yang penting mengakui, yang lucu jika tidak mengakuinya hahahaha..thanks sister, kehadiran anda bak oase di blog ini, oase menyehatkan di tengah kerumunan sinar panas yang membawa penyakit hihihi

    ReplyDelete
  3. Naahhh,,,klo yg ini br murni 100% bualan(gombal)

    kehadiran anda bak oase di blog ini, oase menyehatkan di tengah kerumunan sinar panas yang membawa penyakit hihihi

    ����������

    ReplyDelete
  4. sepuluh tanda tanya sudah cukup untuk mengerti kebingungan anda, dan itu lebih baik. Jika tidak maka anda sudah termasuk dalam golongan orang2 yang saling tolong menolong dalam keburukan hahahaha

    ReplyDelete
  5. Koq knp emoticon 'laugh' (tertawa) saya yg muncul malah 10 tanda tanya yaa????
    tolong menolong dalam keburukan yg bro maksud adlh bualan bro ya,??hahhaha,,,
    dont worry,,,saya percaya dgn blog ini krn sy meyakini pemilik bro ini sdg dalam tahap proses belajar menjd orang yang jujur,,,walau jujurnya ketinggian,,,alias ke PeDean,,,hahahhaha
    just kidding bro,,,,

    ReplyDelete
  6. Kesalahan anda bagi saya adalah kebenaran yg hakiki lho hhihihi. thanks sister kita berdua (bukan saya saja) memang masih tarap belajar menjadi manusia indonesia yang seutuhnya hahaha...

    ReplyDelete
  7. Stelah saya priksa om ternyata hasilnya sama aja bgmna solusix?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika tidak bisa dan yakin tidak ada masalah dg NA nya, kemungkinan yg rusak adalah hardisknya bang dimas, coba pakai hardisk yg lainnya ya? hehehe

      Delete
  8. terimakasih bro sarka, komentar anda pas banget, tdk kurang dan tdk lbh, sbnrnya sih tujuan UTAMA saya belajar nulis saja hehehe. thanks ya atas pengertiannya hehe

    ReplyDelete
  9. Ular biasa eh luar biasa bro..membagi ilmu juga terhibur..hahaha
    Lanjutkan.....!!!

    ReplyDelete
  10. Ular biasa eh luar biasa bro..membagi ilmu juga terhibur..hahaha
    Lanjutkan.....!!!

    ReplyDelete

Search