Tuesday, July 2, 2013

Cara Mudah Membuat Blog

Ide tulisan ini muncul saat saya berkunjung kerumah kerabat di luar daerah (beda kecamatan bukan nyebrang laut lho ). Tidak seperti biasanya, seorang yang saya kenal sebagai salah satu tetangga disana tiba tiba saja bertanya tentang blog dan sebagainya. Kaget juga saya mendengar pertanyaan yang tidak lazim tersebut, tidak lazim karena pertanyaanya langsung to the point tanpa bertanya dahulu apakah saya mengenal blog atau tidak..  (biasanya kami selalu membicarakan hal-hal yang ringan saja seperti langit yg biru, tentang laut  atau tentang sungai yg mengalir di benak kami, dsb.

Sepertinya dia yakin bahwa saya adalah seorang yg hebat dalam dunia blog sehingga tanpa ragu ragu langsung bertanya tanpa perlu berbasa basi lagi. Yaah bisa saja dia menilai kehebatan saya dari sisi penampilan luar yg terlihat gaul dan trendy. Akhirnya hari itu kami membicarakan masalah blog, dan sebagai motivasi awal saya pun sedikit menerangkan hal-hal yang dianggap menarik dalam dunia bloger. Tidak cukup dengan informasi yang saya berikan, akhirnya dia mengeluarkan tiga biji laptop sekaligus untuk praktik langsung (kebetulan ditempat itu ada hotspot gratis). Hmm ternyata sebenarnya dia sudah memiliki blog cuma saja belum mengerti cara menggunakan fitur-fitur blog tersebut.

Baiklah langsung saja saya praktikan disini supaya dia yang di sana tidak perlu menunggu kehadiran saya utk membimbingnya secara langsung (sorry bro canda  doang xixixi)
Pertama yg perlu di siapkan terlebih dahulu tentunya adalah email, bila belum punya lihat di sini Cara Membuat Email (Gmail) , setelah Gmail siap maka ikuti langkah-langkah dibawah ini :
  1. Masuk ke alamat ini,, http://www.blogger.com 
  2. Saya tahu kalian tidak bisa berbahas inggris, karena itu  ubah bahasa default menjadi bahasa indonesia ( saya biasa menggunakan bahasa sansekerta) 
  3. Masukan  username/nama pengguna serta password/sandi gmail kalian (ingat demi kebaikan kalian kelak saya menganjurkan menggunakan Gmail, sebab blog kalian nantinya di bawah tanggung jawab google (blogspot)
  4. Isi lampiran formulir yg disediakan :
    1. Nama tampilan : isi dengan nama yg keren-keren ya..? (misalnya Oemar Dhani)
    2. Jenis Kelamin : tidak perlu di jelaskan
    3. Penerimaan Persyaratan : Kasih tanda ceklis sebagai persetujuan kalian mematuhi aturan dan syarat. Tidak apa apa bila kalian tidak membacanya kecuali jika kalian membuat blog dg maksud2 tertentu
    4. Klik tombol panah bertuliskan “Lanjutkan”.
  5. Klik tombol “Blog Baru”.
  6. Isi lembaran formulir di bawah ini :
    1. Judul :  isi dengan nama2 yg indah (misalnya, Belajar Jujur Dan Amanah)l
    2. Alamat : biar tidak pusing-pusing  samakan saja dengan nama blog
    3. Template : pilih template yg keren dengan penampilan wah yg mencirikan status pemilik blog, sebab ini adalah tampilan atau wajah blog
    4. Akhiri dengan menekan tombol  “Buat blog!”.
    5. Selesai,
Selanjutnya cara membuat postingan awal :
  •    Untuk blog yg baru akan ada perintah “Mulai mengeposkan”.  Klik tulisan tersebut
  •  Isi judul dan masukan artikel pada kolom masing dan akhiri dg menekan tombol “Publikasikan”.
3.      Untuk memastikan apakah artikel sudah bisa di terlihat oleh dunia, silahkan lihat hasilnya dengan menekan tombol “Lihat Blog
4.      Selesai.

No comments:

Post a Comment

Search