Monday, July 1, 2013

DMCA ; Cara Mengatasi Blog Malas Yang Hoby Copas

Maaf judulnya sedikit ekstreem namun ini sudah terlalu sopan jika di ukur dari kerugian yang saya alami selama ini. Seharusnya itu judul bisa lebih keras lagi, misalnya cara membuat kapok blog pencuri, atau cara menghabisi blog kurang ajar yang membeo, dan lain sebagainya. (sorry bro jangan tersinggung, ini memang gaya bahasa blog bergengsi ini).

Bermula dari insting tajam saya yang mencium adanya ketidak beresan dalam hal rate pengunjung yang terlihat menurun, terutama untuk posting-posting andalan. Maka saya berinisiatif untuk mengetahui penyebab dan dalang dari semua ini. Ini bukan pekerjaan mudah dan serampangan, tetapi butuh sebuah kemampuan mendeteksi dengan tingkat akurasi setarap biro intelijen. Tetapi menggunakan jasa agen jelas memerlukan biaya yang tidak sedikit, jadi mau tidak mau saya harus memiliki kemampuan seperti itu guna melacak sendiri sumber dari masalah ini. Sebenarnya bagi saya, blog ini tidaklah bernilai apa-apa sehingga walaupun kalah saing saya tidak begitu menghiraukannya. Tetapi saya peduli kepada para penggemar blog ini yang tentunya tidak rela jika blog kesayangannya harus mati suri gara gara "permainan" dari pihak luar.

Berbekal informasi yang saya peroleh, saya menemukan daftar agen inteligen yang bisa saya andalkan untuk membantu pekerjaan mulya saya ini. Dari daftar ratusan pilihan yang di sodorkan, saya hanya memilih tiga saja berdasarkan bukti tingkat kelicikan mereka dalam hal beroperasi selama ini, yaitu CIA, KGB dan Mossaad (maaf BIN tidak masuk dalam kriteria pilihan, sebab terlalu “jujur” dan titik titik). Dari kombinasi kemampuan (baca kelicikan) mereka bertiga, saya tidak perlu membutuhkan waktu bertahun tahun untuk menemukan dalang semua ini, namun cukup beberapa menit saja dan misteri pun akhirnya terkuak.

Ternyata penyebab berkurangnya calon tamu-tamu terhormat blog ini adalah adanya sabotase sepihak dari blog lain (dua blog yg baru teridentifikasi) yang mengcopas posting bergengsi blog ini dan otomatis menjadi pesaing tersendiri dalam hal kata kunci. Kabar baiknya (kabar buruk bagi saya) artikel yang mereka copas dari blog ini malah berada pada level paling atas dalam daftar artikel populer blog mereka. Ini tentu sangat merugikan pihak blog (ini) yang sudah bekerja keras banting tulang dan peras keringat. Maka sesuai dengan ketentuan hukum blog ini, maka saya telah mengambil tindakan tegas dengan memberikan SP Pertama sekaligus sebagai SP terakhir.

Seperti yang tertulis pada  9 Tata Tertib Blog ini, khususnya pada poin ke 6, saya tidak melarang siapapun untuk mengcopas meskipun tanpa ijin, tetapi dg syarat tetap menampilkan link sumbernya agar sama sama menguntungkan kedua belah pihak, terlebih lagi jangan sampai sesuatu yang ironis terjadi pada blog ini, dimana para pembaca menuduh bahwa blog ini mengcopas artikel yang sebenarnya adalah pemilik asli artikel tersebut. (untuk di ketahui blog sang pengcopas malah terlihat lebih bonafid daripada blog ini hahaha). Saya tegaskan tindakan saya ini tidak ada kaitannya dengan penyebar luasan ilmu yang bermanfaat, namun berhubungan dengan etika dan semangat menghargai karya orang lain. Apalagi jika blog hasil copas tersebut ternyata memiliki tujuan komersil lainnya.. Dan tentunya semakin tidak lucu  jika artikel copasan malah lebih “laris” daripada aslinya.

Masalah copy paste dalam blog sebenarnya adalah hal yang "wajar" terjadi, tapi dengan catatan dan syarat-syarat tertentu yang jauh dari kesan pencurian. Dalam blog ini saya sudah mencontohkan bagaimana memperlakukan artikel copas pada tempatnya, dan jenis artikel apa saja yang boleh atau (malah di anjurkan) untuk di copas. Contoh artikel dari hasil copas bisa di lihat dalam blog ini pada label "negeri Para Bedebah" dan label "Berita Koran Dan Informasi Penting". Artikel jenis itu tidak dilarang, malah hukumnya sunat untuk di copas guna di sebar luaskan. . Tapi karena satu dan lain hal saya memutuskan untuk menghilangkan semua artkel copas tersebut kecuali satu artikel yang saya suka tentunya hehehe.

Dan kembali kepada pokok permasalahan, bagaimana cara mengatasi jika artikel hebat dan berbobot kita di copas (di curi) oleh blog lain..?

Pertama tentu saja memperingatkan terlebih dahulu aturan main dalam hal copas mengcopas, dan itu sudah jauh hari saya peringatkan. Dan jika belum juga dimengerti, terpaksa kita menggunakan jalur jalur hukum guna memberikan efek jera kepada sang pelaku, yakni dengan cara melaporkan pencurian tersebut kepada tuan Google yang terhormat guna memberikan pelajaran sesuai dengan prinsif-prinsif keadilan dimana dalam hal ini......

Stop bro..! Sepertinya anda sudah terlalu banyak bicara, silahkan langsung to the poin saja..!!

Maaf, saya terlalu emosional, hmm jadi begini saudara-saudaraku para bloger mania, jika bro-bro memiliki masalah yang sama seperti yang saya hadapi, maka solusinya cuma satu yaitu melaporkan para pencuri tersebut kepada pihak google dalam hal ini yang berwenang adalah  Penyidik DMCA. Silahkan kalian klik alamat tersebut dan laporkan segala sesuatunya kepada mereka, niscaya dalam seminggu para pencuri tersebut akan di kenai sanksi, mulai dari penghapusan konten yang di curi sampai dengan penghapusan permanen blog mereka. 

Cara mengetahui artikel blog yang di copas sebenarnya mudah saja, yaitu dengan menggunakan kata kunci judul postingan. Jika postingan yang di copas adalah artikel berbobot dg tingkat popularitas tinggi (seperti artikel dalam blog ini) maka akan langsung terdeteksi. Tetapi jika cara itu belum bisa juga, maka cukup dengan menulis sebuah kalimat unik singkat yang ada dalam artikel dengan di bubuhi tanda petik. Maka blog-blog copas yg memiliki kalimat yang sama akan muncul semuanya pada mesin pencarian (ini jika  yang mengcopas lebih dari satu blog). 

Terakhir,  tentunya saya  tidak perlu detail menjelaskan bagamana prosedur pengisian formulir pengaduan tersebut. Sebab  sasaran pencurian biasanya adalah artikel -artikel yang berbobot dan memiliki nilai jual tinggi, maka otomatis penulis artikel  pastinya adalah seseorang dengan kemampuan intelektual di atas rata-rata. So sekali lagi saya tidak perlu menjelaskan tetek bengek lainnya karena pastinya mereka akan langsung paham..

Sekian dan terimakasih.

Artikel lain:

1. Membuat statistik pengunjung (Visitors)
2. Membuat Label / kategori Judul
3. Membuat Daftar Isi Pada Blog
4. Membuat Post Popular
5. Membuat Arsip Blog
6. Membuat Header Halaman (tampilan judul dan deskripsi blog)
7. Membuat Polling di Blog
8. Membuat Musik Pengiring Untuk Blog
9. Membuat Animasi alam pada Blog
10. Cara mengganti template
11. Menambah kolom pada template
12. Merubah Lebar kolom template
13. Cara Membuat Laman Privacy Policy
14. Membuat Laman Contact Us
15. Cara Membuat Site Disclimer

No comments:

Post a Comment

Search