Tuesday, July 2, 2013

Cara Membuat Email (Gmail)


Karena email yang kita pakai ini tujuan utamanya hanya sebagai syarat pembuatan blog saja (blogspot)  tidak untuk hal penting lainnya  , maka email yang dipakai idealnya adalah email yang berinduk pada Google (Gmail). Untuk diketahui Blogspot.com  berada di bawah pengawasan google. Disamping itu dengan mempergunakan Gmail kedepannya akan memudahkan blog yang kita mau buat ini lebih di prioritaskan dalam mendapatkan fasilitas google lainnya, misalnya dalam proses pendaftaran google adsense dan sebagainya. 

Di luar itu kegunaan email sama saja, apakah itu yahoo atau gmail, meskipun konon gmail memiliki layanan terbaik, tapi saya rasa untuk ukuran kelas kita yang notabene bukan orang penting, rasanya fitur-fitur Gmail tidak terlalu bermanfaat hihihi

Langsung saja bro
  1.     Masuk ke gmail.com  atau  tulis http://gmail.com pada browser (tapi baca saja dulu bro sampai kebawah biar gak bolak balik nantinya  hehehe)
  2.     Muncul tampilan baru dan klik pada tombol create an account atau Buat Akundi pojok kanan atas
  3.   Masukan keterangan identitas yang diminta pada formulir pendaftaran seperti nama lengkap, pilihan nama pengguna (atau bisa buat sendiri jika tidak ada yang cocok dg pilihan yg disediakan,), buat sandi dan konfirmasi sandi, data lahir, gender, no. Ponsel, alamat email saat ini (boleh dikosongkan),  tulis ulang dua kata aneh (pisah dg spasi) utk memastikan kalian bukan robot  dan pastikan kalian klik lokasi ; Indonesia.  Terakhir pada langkah pengisian form ini adalah dengan mencentang dua kali pada tombol persetujuan syarat dan ijin utk fitur Google + dan baru kemudian klik tombol “Langkah selanjutnya” .
  4.  Selanjutnya adalah memverifikasi akun menggunakan no ponsel dan pilih pada opsi “pesan teks”, jadi masukan dulu no HP anda yg aktif (pastikan saat proses ini HP ada tidak berada jauh apalagi sampai ketinggalan di suatu tempat hihihi, sebab Google akan angsung mengirimkan kode verifikasi (biasanya 6 digit) melalui sms dan kirim kembali kode verifikasi tersebut melalui kotak yang telah di sediakan di bawahnya (maksudnya bukan kirim melalui sms bro melainkan lewat form yang telah disediakan dan klik tombol verifikasi (bingung saya jadinya hihihi)
  5.  Itu saja intinya, namun dalam proses selanjutnya bro akan dibawa jalan jalan oleh Gmail, dan karena emailnya hanya dipakai untuk buat blog maka abaikan saja semua dengan mengklik  perintah “langkah selanjutnya” sampai selesai. 
Maaf bro tidak perlu pakai gambar panduan segala, karena ini terlalu gampang. Malah jika menggunakan gambar hanya buang buang waktu saya dan kalian saja. Jadi setelah membaca sekilas uraian diatas (tidak perlu dihapal bro hihihi) tinggal di praktikan saja langsung . Jadi tujuannya hanya memberi gambaran saja, sehingga bro tidak perlu bolak balik menyesuaikan tutorial dg praktiknya seperti pengalaman saya dahulu hehehe. Semoga bermanfaat..!

No comments:

Post a Comment

Search