Saturday, March 2, 2013

Gagal Mengatasi IDM 99% Lewat Mozilla Firefox

Sebenarnya sih tutorial ini tidak begitu saya anjurkan untuk dipraktikan, sebab saya sendiri gagal dalam mempraktikanya. Tapi tidak ada salahnya bro mencoba untuk  tambahan ilmu, terlebih lagi jika file yang terlanjur
didownload tergolong besar untuk di donwload ulang. 
Timbul pertanyaan bagi yang membaca artikel ini, mengapa sudah tau gagal namun tetap saja memaksa untuk menulis artikel yang sia-sia ini...?
Jadi walaupun gagal, namun saya merasa bukan karena teorinya yang salah melainkan ada beberapa faktor yang menyebabkan kegagalan download ulang semacam ini khususnya dalam kasus yang saya alami. Dan sementara saya mencoba lagi, tidak ada salahnya artikel ini di muat, siapa tahu ada yang berhasil dan berkomentar disini hehehe.
Kembali ke kasus saya, bahwa kemungkinan penyebab kegagalannya adalah,
Pertama, link download kemungkinan sudah kadaluarsa. Saat saya mencoba mempraktikan hal ini, saya menggunakan file download yang gagal beberapa hari sebelumnya, walaupun tidak ada keterangan bahwa link sudah kadaluarsa seperti laporan dalam IDM. Kemungkinan hasilnya akan berbeda jika saya mempraktikan pada file yang masih baru. Artinyanya begitu IDM gagal, saat itu juga kita langsung memindahkan file tersebut untuk diselesaikan oleh Mozila. 
Sekedar pemberitahuan bahan praktik saya adalah file Foxit Reader yg gagal 99% (baca artikel sebelumnya yg berjudul Cara Mengatasi file donwload 99,99%).  Jadi tenggang waktunya adalah sama dengan  selisih jarak antara artikel yg ini dengan yg sebelumnya. Jadi kemungkinan untuk dianggap sebagai link kadaluarsa ada benarnya, walaupun tidak ada pemberitahuan semacam itu (ribet banget ngejelasinnya hihihi).
Kedua, bisa saja file download, server atau jaringan internet yang buruk saat itu yang jadi penyebab kegagalan. Karena hal semacam ini sangat susah di prediksi hihihi, namun yang jelas, jika melihat langkah-langkahnya, saya yakin teori ini memang masuk akal. Dan teori ini memang saya dapatkan dari om google. Dan disini saya akan mencoba mengulasnya dengan cara yang sesederhana mungkin. (Yakin dah, jika kalian membaca teori ini ditempat lain, kalian akan pusing tujuh keliling hahahaha)
Cara mozila firefox mengatasi file IDM yg gagal pada 99%
1.    Pause file IDM yg gagal (jika masih menjalankannya
2.    Dan pada  IDM, klik Option -) Save To -) dan perhatikan kotak “temporary directory
3.   Copy tulisan C:\Documents and Settings\nama komputer\Application Data\IDM\ DwnlData dan paste pada kotak run utk membuka alamat tersebut.
4.   Buka pada folder DwnData terus sampai pada folder terakhir dimana file download yg gagal berada
5.   Perlu diperhatikan agar tidak bingung, bahwa nama file didalam folder ini tidak sesuai dengan nama file yg kita download, misalnya dalam kasus saya saat mendownload file foxit reader yang tertulis disana baik folder maupun nama file- nya adalah “software-files-a_cnet_com_27”.  Jadi cara mengetetahui file mana yg kita cari, tentu saja harus disesuaikan dengan besar kapasitas file yg didowload
6.   Setelah memastikan bahwa itu adalah file yg kita butuhkan, sekarang kita buka browser mozila dan buka alamat web tempat download file yg gagal tersebut, atau karena suatu dan lain hal kita lupa alamatnya, caranya adalah buka kembali IDM, klik kanan pada file yg gagal download dan klik  pada “Refresh download Address”. Cara yg terakhir lebih bagus sebab mozila secara otomatis akan menghandle langsung. Sebab yg kita gunakan utk mendownload sekarang ini bukan lagi IDM, melainkan Mozilla, jadi dengan begitu kita tidak perlu setting IDM lagi untuk non aktif hehehe (kedengaranya ribet banget ya..?)
7.    Biarkan download berjalan beberapa saat untuk kemudian di Pause
8.   Buka folder download,  secara default mozila menyimpan file download di folder Unduhan dalam my Document (ada dua file yang satu berektensi .part) contohnya FoxitReader545.0124_exe.part
9.   Buka kembali folder DwnlData (C:\Documents and Settings\nama komputer\Application Data\IDM\ DwnlData) yaitu tempat file IDM yg gagal download
10. Rename file tersebut sesuai dengan nama file yg ada dalam folder unduhan, (misalnya dalam hal ini nama file foxit (di IDM) adalah software-files-a_cnet_com_27 menjadi FoxitReader545.0124_exe.part. (harus sama dengan nama file foxit yg di download mozila (dalam folder unduhan)
11. Copy dan paste salah satu file tersebut (“software-files-a_cnet_com_27” yg sudah di rename menjadi FoxitReader545.0124_exe.part.  ) ke dalam folder Unduhan. Pilih OK jika ada pilihan replace file yg sama, karena memang tujuannya adalah mengganti file tersebut (trik mengelabui utk menyisipkan file yg 99% agar bisa dilanjutkan)
12. Dan terakhir buka kembali unduhan yg di PAUSE pada mozila, dan coba di resume kembali..Insya Allah berhasil heheehe
Catatan:
Seperti yg saya tulis diatas saya baru sekali praktik dan gagal hihihi, ada beberapa perbedaan yg saya temukan dalam praktik dengan teori yg seharusnya yang mungkin jadi penyebab kegagalan eksprimen saya :
1.   File yg seharusnya ada dua dalam folder unduhan, namun dalam kasus saya Cuma satu, padahal download BELUM selesai alias dalam keadaan di PAUSE. Mungkin ini salah satu penyebabnya, karena memang seharusnya ada dua file yg disana. Satu asli dan yg satu berupa “bayangan” hihiihi. Tapi kalo masalah file yg di replace  kayaknya saya sudah benar tuh hehehe
2.   Apakah ini ada pengaruhnya atau tidak, namun yg jelas cukup membuat saya pusing, dalam tutorial yg “asli” disebutkan bahwa Mozila akan menanyakan dimana kita akan menaruh file hasil download, padahal selama ini mozila secara depault tanpa memberikan pilihan langsung menempatkan hasil dowload pada folder unduhan. Yg Cuma bisa dirubah adalah pilihan untuk membuka file dengan aplikasi yg sesuai dengan yg kita inginkan.  Yang saya khawatirkan adalah  ini berhubungan dengan versi mozila tertentu yg bisa mempengaruhi keberhasilan juga hahahaha (terlalu mengada ada)
3.   Saran saya jika tetap tidak berhasil juga, daripada membuang waktu dan biaya kuota internet, untuk sementara gunakan saja OPERA agar tidak mengulang kembali, seperti yg saya sarankan pada artikel sebelumnya.
Mohon maaf jika artikel ini malah semakin membingungkan agan-agan, namun tidak ada salahnya kita mencoba hehehe
SEMOGA BERMANFAAT.

## ==== ##
Artikel  yang terkait :
  1. Cara Memulihkan Account Facebook Yang Di Blokir
  2. Cara Membuat atau Menampilkan Teks / Subtittle Pada Film / Video
  3. Cara Menghilangkan Blacklist Smadav
  4. Memutar DVD Tanpa Disk (Fungsi dan Manfaat Iso Maker)
  5. Cara Membuka Casing Pada Laptop Asus Eee PC Series
  6. Cara Mengedit Atau Menyesuaikan Subtittle Pada Film
  7. Cara Menjadikan Ponsel Nexian menjadi Modem
  8. Jangan Lupa Backup Data Anda..!!
  9. Rahasia Menggunakan Google translate
  10. Cara Mudah Memperbaiki Canon MP258 Yang Mati Total (full gambar)
  11. Google Adsense..I’m Coming, Please Take My Hand
  12. Cara Mudah Membongkar Total Printer Canon IP2770
  13. Mengapa Google Adsense Menolak Blog Saya..?
  14. Mengatasi File Download 99,99%
  15. Gagal Mengatasi IDM 99% Lewat Mozilla Firefox
  16. Persyaratan dan Ketentuan AdSense
  17. Cara Mengatasi Mozila Firefox Yang Tidak Bisa Terbuka
  18. Cara Bongkar Hardisk Pada Laptop Axioo
  19. Cara Membuka Casing Hardisk laptop
  20. Mengatasi SD Card Yang Terprotect : Sekedar Pemanis Blog
  21. Cara flashing Tablet Cina Extreme Oxygen
  22. Cara Membuat Icon Emotion di FB
  23. Cara Mudah Membongkar Total Notebook Acer Aspire 4750Z
  24. Puas Menggunakan Modem Smartfren .
  25. Menghilangkan Mode Aman Browser Yang Mengganggu 
  26. Bongkar Laptop Toshiba Satelite XXX
  27. Belajar Bongkar PS 2 
  28. Tips Bongkar Notebook Advan 
  29. Mengatasi Lenovo Yang Nge-blank

1 comment:

Search