Wednesday, April 15, 2015

Cara Unlock Modem Bolt E5372s

Ada dua kejadian yang mengawali perkenalan saya dengan modem yang bernama bolt ini. Pertama di sebuah acara rapat dimana seluruh peserta di haruskan membawa modem. Disaat acara berlangsung, salah satu peserta terlihat panik karena modem yang dipakainya gak berpungsi, dan sibuk menelpon seseorang untuk diberi arahan cara menggunakan modem tersebut. Dan yang kedua terjadi seminggu sebelum rapat tersebut (kalo di runut ini yg seharusnya kejadian pertama hehehe). Salah seorang panitia rapat membatalkan pembelian modem ini gara gara pihak toko dari pagi sampai sore tidak bisa mengantarkan pesanan modem  dengan alasan belum bisa di setting. 

Aneh juga kalo ada teknisi toko tidak bisa setting modem, apalagi jika hal itu membuat transaksi menjadi batal. Ajaib memang, begitu pikiran saya saat itu. Pikiran yang sangat wajar untuk ukuran seseorang yang ahli setting modem seperti saya ini. Mengapa teknisi itu bodoh banget ya? Mengapa pihak toko tidak ada inisiatif untuk menukar modem sejenis untuk disetting ulang, karena bisa saja modem tersebut rusak sehingga tidak bisa di setting, dan segala macam pikiran buruk lainnya yang terkesan sok tahu.

Alhamdulillah, ternyata saya tidak dibiarkan berlarut larut untuk menyimpan pikiran konyol nan meremehkan  tersebut. Sebab dua minggu kemudian sseseorang dengan penuh kasihan, salah maksud saya penuh kasih  memberikan hadiah bolt untuk kado ulang tahun saya yang ke tujuh belas (tanpa hihihi). Dari sinilah semua penjelasan misteri memilukan itu terungkap. Ternyata modem ini bukan sembarang modem, maka pantas saja diantara semua topik tentang modem, bolt adalah modem yang paling diributkan saat ini. Jika tidak arif dan bijaksana menyikapinya, pengguna awam bisa berubah anarkis karena merasa tertipu, atau akan mengalami hal seperti yang saya alami. Di beberapa threat di jejaring sosial atau kaskus tanya jawab di dunia maya membuktikan, bahwa penggunanya dominan tidak berbekal informasi saat membeli modem ini hehehe.

Namun yang penting dua pengalaman saya diatas adalah pelajaran kesekian kalinya bagi saya untuk tidak tergesa gesa dalam menyimpulkan sesuatu. Sebah hal yang mirip juga sebenarnya sering terjadi di sekitar kita dimana, saya, kamu dan dia sangat mudah menyimpulkan sesuatu yang sebenarnya tidak kita ketahui. Dan tidak jarang dari kesimpulan sepihak itu akhirnya menimbulkan kasak kusuk dan bau tidak sedap yang mengganggu kesehatan lingkungan.  Yeaah (kata orang bule), inilah warna warni kehidupan, tanpa hal beginian tentunya hidup terasa tidak berwarna.

Kembali ke modem bro.., Hampir satu tahun saya menyimpan modem bolt ini tanpa pernah bisa digunakan. Sinyal yang dijanjikan belum juga datang-datang, janji tinggal janji, dan kesabaran tentu ada batasnya. Dengan kata lain, saya akan mencoba membuka modem yang terkunci (UNLOCK) ini meski saya telah membaca dan menyetujui perjanjian yang ada dibungkus bolt tersebut, (maaf kalo saya banyak omong)

Ini lho bro hal yang mesti diperhatikan sebelum memulai proses UNLOCK :
  1. Pastikan PC yang dipakai memenuhi syarat (windows 7, spek diatas standar lah)
  2. Jangan mengeluarkan kartu saat proses berlangsung
  3. Jangan menjalankan program lain apalagi sambil main fb misalnya.
  4. Dan ini lebih penting lagi, jangan restart apalagi mematikan PC, karena posisi sleep, hibernate, logoff dan ganti user saja dilarang keras hehehe.

Adapun cara mengunlocknya adalah sebagai berikut:

  1. Download Firmware Bolt E5372s di web guru saya ini
  2. Hubungkan modem dengan pc
  3. Buka My Computer dan buka drive bolt yang muncul (jika tidak muncul ulangi lagi atau ganti kabel data.
  4. Jalankan auto run dengan cara klik kanan dan pilih rus as administrator dan ikuti proses sampai driver benar benar sudah terpasang.
  5. Setelah selesai, jalankan file yang sudah di download dengan cara klik kanan dan pilih lagi run as administrator
  6. Pilih opsi setuju ( I accept the agreement) pada pilihan yang tersedia dan klik start
  7. Akan muncul empat tahap proses, mulai dari start (diatas),  pencarian device, downloading sampai tahap finis, pastikan ke empat tahap tersebut berjalan normal.
  8. Selesai dan kini modem bolt sudah bisa dipakai menggunakan kartu gsm lainnya.
Catatan :

Yang perlu di ingat oleh pengguna modem unlock, untuk tetap bisa menggunakannya jangan mengupdate jika pihak bolt menawarkan update system terbaru. Sebab jika sampai terupdate modem akan terkunci kembali. Namun masalahnya pilihan untuk mengupdate akan selalu muncul, dan biasanya pengguna yang asing dengan modem ini tidak jeli dalam memperhatikan hal tersebut dan asal pencet saja (seperti saya hehe). Untuk diketahui pada modem bolt Cuma ada dua tombol yakni tombol power dan tombol menu, dan untuk menolak update pilih tombol menu. Terakhir bagi yang terlanjur update dan akhirnya terkunci kembali silahkan baca tutorial yang ini DOWNGRADE BOLT ; Mengatasi Modem E5372 Yang Terkunci Lagi Karena Terupdate .
Sekian dan semoga bermanfaat! (SP)

5 comments:

  1. Mau dapat gem Clash of Clans, diamond get rich, diamond hay day, dan masih banyak lagi dengan mudah tanpa survey dan root? Ini caranya

    1. Download aplikasi Whaff Rewards di playstore
    2. Setelah ke intsall buka appnya
    3. Seteah di buka klik tombol login, login ajaa pake akun facebook kalian
    4. Abis itu ada kotak invitation code
    5. Masukan kode AK92284
    6. Setelah masukan kode diatas kalian bakal dapet $0.3, lumayan kaan, kalian tinggal ngumpulin deh sampe 12$
    7. Cara ngumpulinnya gampang, tinggal invite orang lain atau download aplikasi yang ada di app tersebut
    8. Setiap download aplikasi kalian akan mendapat hadiah sebagai reward, hadiahnya bisa $0.17sampe $0.66 tergantung app nya
    9. Setiap hari kalian pun akan mendapat reward bila setelah di download aplikasi tersebut tidak di uninstall lumayan kaan setiap hari uang kalian bertambah
    hehehe
    10. Setelah terkumpul $12 baru deh kalian bisa tukerin ke voucher google play (domisili harus united state)
    11. Nah kalian bisa beli gem CoC. Coba dulu bro jangan nyerah duluan, ngumpulin $12 cepet kok, gk cuma buat gems juga lho, bisa juga untuk aplikasi/games berbayar di playstore, atau juga bisa untuk pay pal, steam gift card, facebook gift card, amazon gift card, macem macem deh pokoknya tergantung gift cardnya hahaha. Cape sih tapi klo udah menikmati hasil pasti enak deh, coba liat world rank keren ya. Menggiurkan sekali kan? Oh iya jangan percaya yg bilang code premium, semua code dapetnya $0.3

    -Selamat Mencoba-
    Jangan lupa share trik berguna ini ya

    ReplyDelete
  2. mantap tutornya...bolt saya terkunci gara gara update

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks nanda utk atensinya, sorry ya jika tutorialnya bertele tele hehe

      Delete

Search