Saturday, February 1, 2014

Atasi Kerusakan Tablet / Android Dengan Recovery Mode

Bagi yang suka utak atik komputer, istilah recovery mode pada android tidak susah untuk di mengerti, begitu juga untuk yang suka utak atik ponsel tentunya lebih mudah lagi memahaminya..Ya recovery mode mengingatkan kita dengan safe mode pada komputer dan master reset pada ponsel. Meski terlihat sama dengan safe mode, tapi fungsi dan tujuannya lebih mirip menjalankan "Restore" pada komputer, meski pada kondisi tertentu untuk bisa menjalankan restore harus melalui safe mode. Dengan begitu, maka yang paling tepat, recovery mode adalah sama dengan Reset atau pengaturan awal di HP pada umumnya.



Oke bro, disini saya tidak akan melayani apakah pendapat saya di atas benar atau tidak, tapi seperti biasa saya memang suka berbasa basi untuk meramaikan tulisan ini. Dan menyambung basa basi diatas, dibandingkan dengan safe mode, menjalankan recovery mode lebih mudah dan simple jika melihat dari proses dan tingkat keberhasilannya. Lebih jelas lagi,  ketika android tiba tiba error, hang atau memiliki masalah akibat kesalahan aplikasi/sistem operasi, maka besar harapan untuk memulihkannya lewat recovery mode, dan itu  cukup satu kali klik saja. Berbeda pada komputer, dengan kerusakan yang sama tidak serta merta dengan menjalankan safe mode semua bisa kembali normal, tetapi tetap membutuhkan lagi proses repair tambahan yang lebih ribet daripada sekedar masuk ke safe mode.

Dan kali ini kita (saya maksudnya) akan mencoba mengatasi tablet Cina Micron yang mempunyai permasalan pada booting. Setiap dinyalakan ini tablet memang hidup tapi tidak bisa masuk ke sistem dan kadang restart kembali. Tidak sukar untuk menganalisa gejala penyakit tablet seperti itu, tidak lain permasalahnya terletak pada pengaturan sistem yang terganggu dan untuk itu solusi pertamanya tentu dengan cara mengembalikan setting ke default (Reset)

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya adalah menekan kombinasi tombol seperti tombol Volume Up + HOME + Power secara bersamaan selama beberapa detik, atau kadang bisa juga tombol power dan volumenya saja, baik yang up atau yang down. Untuk mengarahkan kursor pada pilihan reset (Factory reset / wipe data) gunakan tombol Volume, sedangkan tombol HOME digunakan untuk memulai proses repairnya. Tetapi sebelumnya, tentu saja baterai HP harus dalam kondisi full agar tidak ada masalah.

Dan disamping penggunaan kombinasi tombol, alternatif lainnya untuk pemulihan biasanya dengan menekan tombol reset yang ada pada android tersebut. Tapi yang perlu di ketahui juga,  tidak semua android memiliki mode recovery, sehingga kita perlu membuatnya sendiri dengan bantuan software pihak ketiga. Dan tentu saja membuatnya (recovery mode eksternal) ketika ponsel masih normal (sedia payung sebelum hujan lho maksudnya). Jadi saran saya bagi pemilik android Cina khususnya, sebelum terjadi masalah dengan androidnya, sesekali di cek apakah itu android memiliki tombol reset dan/atau fitur recovery mode hehehe.


Disamping kiri ini adalah contoh tampilan saat masuk ke recovery mode. Pastikan kursor pilihan berada pada tulisan " WIFE DATA/ FAKTORY RESET",  Dan di samping kanan ini adalah gambar proses kembali ke reset awal. Meski gambar yang saya tunjukan adalah gambar recovery pada Samsung, tetapi istilah dan perintah dalam recovery mode pada semua gadged yang berbasis  android sepertinya sama saja. Ini saya buktikan saat merecovery tablet Micron di atas sama persis dengan gambar Samsung yang saya jadikan contoh hehehe


Sekian, semoga bermanfaat...!

5 comments:

  1. Makasih ilmu nya sangat bermamfaat..
    Klo untuk update lenovo a369i ke kitkat gmn ya cara mudah nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. naah itu belum pernah saya coba bro Ewien, hehehe

      Delete
  2. Om punya back up an datanya ga? punya saya juga micron... ga bisa masuk ke menu... berhenti logo T_T

    ReplyDelete

Search